Festival Danau Kelimutu, Kreativitas Pemkab Ende dan Kemenparekraf Bangkitkan Geliat Pariwisata di Tengah Pandemi

Ende, Ekorantt.com – Sempat ditunda beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Ende akhirnya menggelar Festival Danau Kelimutu dan Kelimutu Expo tahun 2021 pada Rabu-Jumat,15-17 September 2021.

Penyelenggaraan Festival Danau Kelimutu sempat ditunda akibat melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Ende pada Juli hingga Agustus lalu.

Meski dilaksanakan secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Festival Danau Kelimutu dan Kelimutu Expo diharapkan kembali membangkitkan geliat pariwisata di Kabupaten Ende dan Provinsi NTT pada umumnya.

Demikian penjelasan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban kepada media di Ende pada Selasa (14/9/2021) malam di Rumah Jabatan Bupati Ende.

Diuraikan Kadis Satban, Festival Danau Kelimutu akan diisi dengan pegelaran budaya dan festival kopi.

iklan

Beberapa sanggar seni akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut seperti Sanggar Dega Do, Sanggar Mutu Loo, Sanggar Amadala. Selain itu ada juga pentas seni teater dari Teater Mata Community, Teater P3MK, Putra Vois dan Sombo Lando, serta Franco Family Management.

Puncak Festival Danau Kelimutu akan terjadi pada Jumat (17/9/2021) di Museum Tenun Ikat Ende.

Bangkitkan Pariwisata di NTT di Tengah Pandemi

Bupati Ende, Djafar Achmad pada kesempatan yang sama menjelaskan, pemerintah perlu melakukan terobosan demi pemulihan ekonomi, termasuk bidang pariwisata di tengah pandemi.

Pandemi, ujar bupati Djafar,  mengajarkan semua pihak untuk berinovasi dan berkreativitas agar geliat ekonomi di bidang pariwisata kembali bangkit.

“Ini kegiatan yang kita tunda saat Covid kita lagi naik. Nah, kita bersyukur angka Covid kita terus menurun dan sekarang sudah PPKM level 2. Maka kita lakukan kegiatan ini. Tentu dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, Festival Danau Kelimutu dilaksanakan untuk meyakinkan dunia bahwa destinasi wisata di Flores, selain di Labuan Bajo juga ada di Ende.

Penyelenggaraan Festival Danau Kelimutu mendapat apresiasi dari Kemenparekraf. Hal itu disampaikan Sekretaris Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Edy Wardoyo saat jumpa pers dengan awak media di Ende, Selasa (14/9/2021).

Wardoyo bilang, Kemenparekraf akan terus mendukung dan melakukan assesment terhadap pelaksanaan festival yang memberikan daya ungkit bagi ekonomi warga.

Dirinya berjanji untuk bekerja sama dengan Pemkab Ende agar Festival Danau Kelimutu ditetapkan menjadi kegiatan nasional.

“Tentu kami memberi apresiasi kepada bapak Bupati atas penyelenggaraan Festival Danau Kelimutu ini. Kami pun berkomitmen untuk mendorong agar kegiatan ini menjadi ivent nasional agar industri pariwisata di Flores semakin memberikan daya ungkit ekonomi,” pungkas Wardoyo.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA