Peringati Hari Kopi Internasional, SGaC Sikka Gelar Pentas Musik dan Cupping Kopi

Maumere, Ekorantt.com – Memperingati hari kopi internasional 1 Oktober 2021 Sibakloang Galery and Coffee (SGaC) menggelar pentas musik, bazar, cupping kopi (sebuah metode untuk mengevaluasi karakteristik kopi) dan ngobrol soal kopi bersama pengunjung di pusat jajanan dan cendramata (PJC), Maumere, Kabupaten Sikka, Jumat, (1/10/2021).

SGaC tentu tidak akan melewatkan momen tersebut. Sebab, sebagai salah satu pionir kopi, SGaC tetap konsisten pada minuman pahit pembangkit semangat dan inspirasi ini untuk memperingati hari kopi internasional.

Terlihat berbagai produk wastra, kuliner, sembako dari Bulog Sikka, bahkan tanaman bonsai. Meski pengunjung terlihat masih sepi, namun kehadiran pentas musik cukup memeriahkan suasana.

Isye Fernandes penggagas sekaligus pemilik SGaC juga memberi kesempatan kepada pengunjung untuk cupping kopi, dan berdiskusi soal berbagai jenis kopi yang ada di pulau Flores khususnya di Kabupaten Sikka.

“Ini sebagai pembuka, diharapkan ke depannya event ini ini akan terus berlanjut dengan tema yang berbeda,” ujarnya.

iklan

Ketua Kadin Sikka, Harry Jepira menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan diadakannya kegiatan itu akan memberi peluang pasar bagi banyak pelaku usaha, bukan hanya UMKM tapi pelaku usaha lain seperti komunitas pecinta bonsai yang turut ambil serta dalam bazaar tersebut.

Disinggung soal keberlangsungan pelaku usaha saat pandemi, pihaknya mengaku optimis pademi Covid-19 akan segera berakhir dan Kabupaten Sikka akan segera turun level.

Menurut Harry, potensi usaha di kabupaten itu begitu banyak, namun tak banyak kesempatan bagi pelaku untuk menunjukan potensi tersebut.

Kegiatan seperti itu lanjut dia, sesungguhnya sangat membantu para pelaku usaha sehingga dikenal masyarakat banyak. Ia berjanji akan mendukung kegiatan-kegiatan serupa ke depannya.

Ia menambahkan, UMKM memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi. Meski terlihat kecil namun jika dilakukan secara sporadis akan berdampak besar pada perkembangan ekonomi masyarakat kabupaten itu.

“UMKM ini sangat memegang peranan penting dalam pertumbuh ekonomi kita, tidak hanya pengusaha yang besar-besar saja. Geliat ekonomi yang kecil-kecil begini tapi jika dilakukan secara sporadis saya yakin itu akan membuat masyarakat mempunyai income lebih,” pungkas Harry.

Salah seorang pengunjung Tommy Pale (27) warga Bola yang datang bersama seorang temannya  mengatakan, event tersebut sangat bagus dan sangat menghibur.

Harapannya, ke depan kegiatan serupa terus digelar sehingga warga Kabupaten Sikka terhibur dan memiliki banyak alternativ hiburan.

Cucun Suryana

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA