Manjakan Anggota dalam Bertransaksi, Kopdit Obor Mas Hadirkan Aplikasi OborMas Pay

Maumere, Ekorantt.com – Demi memanjakan dan memudahkan anggota dalam bertransaksi, KSP Kopdit Obor Mas menghadirkan aplikasi berbasis android yakni OborMas Pay.

Aplikasi ini merupakan gabungan dari beberapa aplikasi, namun memiliki keunggulan yang luar biasa. Aplikasi ini dapat diinstal melalui handphone android.

Istimewa

Adapun keunggulan dari OborMas Pay yakni:

  1. Anggota dapat mengakses informasi saldo, mutasi, dan kewajiban produk di KSP Kopdit Obor Mas seperti: Simpanan Saham, Simpanan Khusus, Simpanan Harian dan Simpanan Berjangka, Pinjaman serta produk solidaritas.
  2. Anggota dapat melakukan Transaksi transfer dan setoran produk KSP Kopdit Obor Mas seperti: Simpanan Saham, Simpanan Khusus, Simpanan Harian dan Simpanan Berjangka, Pinjaman dan produk solidaritas.
  3. Anggota dapat melakukan berbagai pembayaran tagihan seperti: PDAM, PLN, Telkom, BPJS Kesehatan, TV berlangganan, asuransi, Multi Finance, kartu kredit, dll.
  4. Anggota juga dapat melakukan transaksi berupa transfer dan top up dari rekening tabungan Sibuhar seperti: transfer ke bank (keseluruh bank baik nasional maupun luar negeri), transfer antar-Kopdit, Top Up pulsa ke semua operator, E-Wallet (Gopay, OVO, Link Aja, DANA, SHOPEE, GOJEK DRIVER, GRAB), Token PLN, Voucher TV (GENFLIX, K-VISION, ORANGE TV, SKYNINDO TV), Paket Data, Voucher Games, TIX ID, ZAKAT, ITunes.
  5. Anggota mendapatkan Virtual Account (VA) Bank di mana masing-masing anggota memiliki satu nomor VA dari satu bank digunakan untuk menerima uang dari bank dengan tujuan rekening tabungan Sibuhar anggota.
  6. Anggota dapat mengakses riwayat transaksi yang terjadi melalui menu riwayat di aplikasi ini.
Pelayanan KSP Kopdit Obor Mas

Aplikasi Lain

KSP Kopdit Obor Mas berencana akan meluncurkan program OborMas Link dengan maksud agar anggota dapat membantu transaksi anggota atau masyarakat umum lainnya.

iklan

Contohnya; jika ada anggota yang memiliki usaha kios atau lainnya dapat juga mengajukan diri menjadi agen OborMas Link. Syaratnya memiliki rekening penampung yakni Sibuhar guna melayani berbagai transaksi yang dibutuhkan anggota atau masyarakat umum seperti (1) melayani transfer dari rekening Sibuhar ke bank atau sebaliknya. (2) Setor dan tarik tunai dari dan ke bank maupun ke Sibuhar anggota. (3) Melayani pembayaran tagihan berupa BPJS Kesehatan, PDAM, TV berlangganan, asuransi, multifinance, dan lain-lain. (4) Melayani Top Up pulsa, E-Wallet, PLN, dll.

Layanan digital ini semakin memudahkan anggota KSP Kopdit Obor Mas untuk bertransaksi sekaligus membuka peluang usaha bagi anggota yang ingin menjalankan program OborMas Link.

Tidak berhenti sampai di situ, KSP Kopdit Obor Mas juga telah berinovasi dalam mendukung UKM Naik Kelas dengan menyediakan pasar digital (market place) bagi anggotanya.

KSP Kopdit Obor Mas menyadari bahwa demi meningkatkan kesejahteraan anggota tidak hanya sekadar menyediakan modal dengan bunga murah seperti pinjaman KUR dan pinjaman LPDB serta pendampingan usaha dengan bentuk pencatatan usaha yang baik dengan aplikasi Chatat.OborMas.

Demi mendukung produksi usaha anggota maka KSP Kopdit Obor Mas menyediakan pasar, selain konvensional tetapi juga dengan pasar digital (market place). Market place milik KSP Kopdit Obor Mas ini diberi nama PADIMAS (Pasar Digital Obor Mas).

Dengan PADIMAS, anggota dimungkinkan dapat berjualan hasil produksi usaha mereka ke level yang lebih luas. Sebagaimana market place pada umumnya, PADIMAS juga dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis android yang dapat diinstal di playstore.

PADIMAS didesain khusus bagi anggota KSP Kopdit Obor Mas, sehingga yang dapat berjualan di marketplace ini hanya anggota KSP Kopdit Obor Mas. Oleh Karena itu bagi siapa saja yang ingin membuka lapak/jualan di market place ini terlebih dahulu mendaftarkan diri untuk memperoleh nomor buku anggota yang pada akhirnya akan digunakan untuk registrasi di PADIMAS.

Anggota KSP Kopdit Obor Mas dapat menjual segala macam hasil produksi mereka, baik hasil kerajinan tangan, hortikultura/pertanian, ternak, kuliner dan lain-lain.

Aplikasi PADIMAS juga dirancang untuk dapat terkoneksi dengan jasa pengiriman jarak jauh dan dekat. Jarak jauh telah terkoneksi dengan kurir yang terpercaya seperti pos, JNE, J&T, Ninja Express, dan lain-lain.

Untuk dapat melayani pengiriman jarak dekat akan disiapkan dan dikoneksikan dengan jasa tukang ojek yang berasal dari anggota KSP Kopdit Obor Mas. Dengan demikian siapa saja dapat memesan makanan atau produk apa saja dengan jasa pengiriman seperti platform perusahaan lainnya sebut saja Gosend/Go Food, dll.

Aplikasi PADIMAS akan memberikan kemudahan bagi anggota untuk berjualan. Harapannya, hasil produksi mereka tidak hanya dijual secara konvensional tetapi juga secara online melalui market place milik KSP Kopdit Obor Mas ini.

Tidak hanya itu tetapi dengan PADIMAS juga dapat memberikan kemudahan kepada siapa saja untuk berbelanja produk apa saja tinggal order dari rumah dan barang datang langsung ke rumah tanpa repot keluar rumah. Otomatis, anggota KSP Kopdit Obor Mas yang berprofesi sebagai ojek juga akan mendapatkan nilai tambah di mana mereka dapat menjadi kurir untuk mengantar orderan melalui aplikasi PADIMAS.

Menjadi pelopor digitalisasi koperasi, KSP Kopdit Obor Mas terus menyediakan kemudahan dalam pelayanan kepada anggotanya.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, KSP Kopdit Obor Mas menyediakan satu aplikasi untuk memudahkan anggota dalam mengajukan pinjaman.

Aplikasi tersebut memungkinkan anggota untuk dapat mengajukan pinjaman secara online, sehingga lebih cepat dalam pelayanan.

Selama ini yang terjadi adalah anggota harus meninggalkan rumah atau tempat kerjanya hanya untuk datang ke kantor KSP Kopdit Obor Mas untuk mengajukan pinjaman. Untuk itu, pengurus dan manajemen KSP Kopdit Obor Mas mencarikan solusi bagi anggota dengan menghadirkan aplikasi pinjaman online (pinjol) berbasis android untuk memudahkan pelayanan pengajuan pinjaman oleh anggota.

Melalui aplikasi ini, anggota cukup membuka aplikasi dari laptop atau dari handphone androidnya, lalu mengisi form pengajuan pinjaman dengan mengunduh beberapa persyaratan administrasi.

Data tersebut akan secara otomatis masuk ke data induk KSP Kopdit Obor Mas dan langsung ditindaklanjuti oleh staf pemasaran di wilayah anggota yang bersangkutan. Dengan adanya aplikasi ini, maka anggota dapat menghemat waktu dan biaya untuk ke kantor.

Beberapa aplikasi tersebut diatas rencananya akan dilaunching pada 4 November 2021, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) KSP Kopdit Obor Mas  ke-49.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berkunjung ke KSP Kopdit Obor Mas

Memaksimalkan Pelayanan

General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Fredyanto Moat Lering mengatakan, teknologi berkembang kian pesat pada era revolusi industri 4.0. Hampir semua hal atau usaha sangat bergantung kepada teknologi digital.

“Sebagai koperasi pelopor digitalisasi koperasi, kami berusaha memaksimalkan pelayanan kami dengan menghadirkan berbagai aplikasi pelayanan berbasis digital,” jelas Yanto.

Aplikasi Obor Mas Pay, kata Yanto, sesungguhnya aplikasi yang paling ditunggu-tunggu oleh para anggota. Aplikasi ini memungkinkan mereka dapat bertransaksi kapan saja dan kemana saja. Satu hal yang membuat anggota merasa terbantu adalah salah satu produk dari KSP Kopdit Obor Mas yakni rekening tabungan Sibuhar dapat dikoneksikan dengan rekening tabungan bank apa saja.

“Anggota dapat memindahkan uang mereka dari rekening tabungan Sibuhar mereka ke rekening bank mana saja dan juga sebaliknya dari rekening bank langsung dipindahkan ke rekening tabungan Sibuhar anggota. Dengan aplikasi ini pula anggota dapat melakukan transaksi berupa pembayaran tagihan dan juga top up pulsa, dan lain-lain,” bebernya

Yanto menjelaskan, pihaknya juga menyiapkan pasar digital atau market place bagi anggota sehingga mereka dapat menjual hasil produksinya secara online.

“Jadi kami tidak hanya membantu anggota dari sisi permodalan tetapi juga dari sisi pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh mereka. Dengan demikian harapan kami agar mewujudkan UMKM Naik Kelas dapat terwujud sehingga dapat menghasilkan kemandirian ekonomi keluarga,” tandas Yanto.

Aplikasi pinjaman online dihadirkan semata-mata untuk memanjakan serta memudahkan anggota dalam hal pengajuan pinjaman.

“Anggota kami sebagian besar adalah PNS dan pegawai swasta potensial dan juga petani, buruh, dan lain-lain di mana mereka sedikit kesulitan untuk melakukan pengajuan pinjaman ke koperasi karena sibuk di kantor atau di tempat usaha/tempat kerja, sehingga dengan hadirnya aplikasi ini mereka sangat terbantu untuk mewujudkan hak-hak mereka,” pungkas Yanto.

TERKINI
BACA JUGA