Awan Menyerupai Cincin Melingkar di Atas Gunung Ile Lewotolok

Lembata, Ekorantt.com – Fenomena awan menyerupai cincin yang melingkar tepat di atas gunung Ile Lewotolok terjadi pada Kamis pagi, 21 Oktober 2021, hal yang kemudian ramai dibahas pengguna media sosial facebook.

Foto fenomena alam unik itu  pertama kali diunggah oleh akun facebook Yoanista Pulo dengan caption, “Pemandangan indah dilihat dari arah Kalabahi. Ada Satu bulatan membentuk cincin di atas gunung…semoga ini pertanda baik.” 

Foto yang diunggah sekitar satu jam yang lalu itu serentak mendapat beragam respons dari netizen.

“Aduh, bagus betul cincin itu,” komentar akun Leri Purab.

“Semoga semuanya dalam lindungan Tuhan,” tulis akun Dura Putra Maurle.

iklan

Kepala Pos Pemantauan Gunung Api (PGA) Ile Lewotolok, Lembata, Stanis Ara Kian, mengatakan kepada Ekora NTT, fenomena tersebut merupakan hal yang wajar terjadi saat gunung api mengeluarkan magma dari permukaan kawah.       

“Saat ini gunung api Ile Lewotolok masih erupsi, sehingga magma yang terdesak naik ke permukaan kawah bergerak keluar melalui jalur yang berbentuk menyerupai pipa. Ketika material vulkanik atau gas yang keluar lewat cerobong magma yang bulat sehingga keluar juga yang bulat seperti halnya kita merokok,” terangnya.

Ia menyatakan status gunung api Ile Lewotolok masih level tiga atau siaga.

Masyarakat, kata dia, tidak boleh beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi.

Ia meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap material lapuk. Sebab, jika kestabilannya terganggu, dapat menimbulkan awan panas. 

“Masyarakat selalu diimbau agar tidak mempercayai isu-isu hoax yang tidak jelas sumber beritanya,” ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat yang masih bingung dengan informasi terkait gunung api Ile Lewotolok, bisa berkunjung ke kantor pos pengamatan gunung api Ile Lewotolok, di Desa Laranwutun, Kecamatan Ile Ape.

Yurgo Purab

TERKINI
BACA JUGA