Menteri Airlangga Minta Wisudawan Uniflor Masuk Dunia Wirausaha

Ende, Ekorantt.com – Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto meminta para wisudawan Universitas Flores-Ende untuk terjun dalam dunia wirausaha.

Pemerintah, kata Airlangga, akan terus mendorong keterampilan talenta digital agar menjadi akselerator bagi para wirausaha dan mendorong digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga produktifitas dapat meningkat.

Menteri Airlangga menyampaikan ini saat memberikan orasi ilmiah secara virtual pada acara wisuda semester genap Universitas Flores tahun akademik 2021-2022 pada Kamis, (25/11/2021).

Dikatakan Menteri Erlangga, pengembangan dan peningkayan sumber daya manusia sangat penting untuk mendorong aktivitas kewirausahaan yang saat ini masih rendah.

Pemerintah berkomitmen untuk terus membangun kerja sama dengan stakeholder dan telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang kemudahan perlindungan dan pemberdayaan HUMHM dan dibentuknya lembaga inkobator agar mahasiswa bisa difasilitasi.

iklan

Selain itu, Lembaga Universitas Flores diminta untuk berpartisipasi mendorong bisnis melalui inkobator sebagai upaya menciptakan para wirausaha baru dapat dilaksanan

Dukungan terhadap para wirausaha, ujar Menteri Airlangga,  dilakukan melalui bantuan kartu pra kerja dan semi bansos.

Sementara itu, Rektor Universitas Flores Somon Sera Padji dalam sambutannya mengatakan, wisudawan harus menjadi agen perubahan dan mampu memberikan solusi terhadap berbagai tantangan bermasyarakat.

“Sekarang saatnya saudara mempertanggujawabkan ilmu di tengah masyarakat. Mampu memberi solusi dan menciptakan peluang-peluang usaha melalui ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Sira Padji.

Untuk diketahui, sebanyak 439 wisudawan/wisudawati Universitas Flores yang hari ini dikukuhkan sebagai sarjana.

Adapun rincian sebagai berikut; Fakultas Ekonomi sebanyak 116 orang,  Fakultas Teknik 41 orang, Fakultas Agroteknologi sebanyak 32 orang, Fakultas Bahasa dan Sastra 9 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 206 orang, dan 13 orang dari Fakultas Hukum serta 22 orang dari Fakultas Teknologi Informasi.

Wisuda kali ini diusung tema ‘Universitas Flores Membangun Generasi Yang Unggul dan Berbudaya’ dengan menonjolkan budaya asal Kabupaten Ngada.

Seluruh dekorasi interior menggunakan motif pakaian adat Ngada. Tidak hanya itu, civitas akademika dan para panitia mengenakan pakaian adat Ngada-Flores.

Upacara wisuda yang dilaksanakan secara tatap muka dengan menjalankan protokol kesehatan ketat itu dihadiri Asisten I Setda Ende, Abraham Badu bersama segenap perangkat daerah Ende lainnya.

Hadir juga Bupati Ngada Andreas Paru, Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja, Kepala LLDIKTI XV Mangadas Lumban Gaol, Ketua DPRD Ende Ferry Taso, segenap pengurus Yapertif dan seluruh Kaprodi Uniflor serta 15 pasang orang tua/wali wisudawan terbaik dari 15 prodi.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA