Bupati Manggarai Harap Wisatawan Semakin Antusias untuk Kunjungi Wae Rebo

Ruteng, Ekorantt.com – Bupati Manggarai, Herrybertus G L Nabit, mengharapkan agar wisatawan semakin berantusias mengunjungi Wae Rebo pasca destinasi wisata kampung adat itu meraih juara 1 kategori Daya Tarik Wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.  

“Dalam kondisi pemulihan ekonomi seperti sekarang, penghargaan terbaik pada kategori daya tarik wisata ini diharapkan bisa membangkitkan semangat wisatawan untuk mengunjungi Wae Rebo dan Manggarai secara umum,” ucapnya dalam rilis yang diterima Ekora NTT, Selasa (9/12/2021).

Menurutnya, penghargaan itu merupakan salah satu bentuk promosi Wae Rebo sebagai tempat wisata terbaik. Di sisi lain, juga merupakan tantangan, di mana wisatawan harus mendapatkan pelayanan yang maksimal.

“Itu berarti, komunikasi dan kolaborasi lintas sektor harus semakin digalakkan,” terangnya.

Ia mengatakan penghargaan itu bukan segalanya, tetapi menjadi titik awal bagi percepatan pengembangan kawasan Wae Rebo. 

iklan

Konsep Pemerintah Kabupaten Manggarai untuk pengembangan Wae Rebo, kata dia, tidak lagi hanya membangun kampung tersebut, tetapi juga kawasan yang meliputi tujuh desa, yaitu Borik, Satar Ruwuk, Satar Lenda, Wongka, Satar Luju, Ceka Luju, dan Nuca Molas. 

“Itu berarti pariwisata Wae Rebo harus memberi manfaat juga bagi masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Konsep tersebut, lanjutnya, akan menjadi kerangka kerja Pemkab Manggarai ke depan, dan tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar.

“Sehingga butuh sinergi dengan Pemprov NTT dan pemerintah pusat, pemerintah desa, juga pihak swasta dan swadaya masyarakat,” ucapnya.

Adeputra Moses

TERKINI
BACA JUGA