OMK Wailiti Bangun Pohon Natal Setinggi 5 Meter dari Botol Bekas

Maumere, Ekorantt.com – Umat Katolik Keuskupan Maumere, NTT sudah memulai menyambut Hari Raya Natal 2021. Penyambutan hari raya keagamaan ini terlihat melalui pernak-pernik Natal, sebagaimana menjadi kekhasan umat Katolik.

Salah satu giat yang sudah mulai dilakukan ialah oleh Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Santo Fransiskus Xaverius Wailiti, Paroki Santa Maria Magdalena Nangahure, Keuskupan Maumere.

Mereka memanfaatkan botol bekas minum sebanyak 2000 buah dan disusun menjadi pohon Natal yang indah dan ramah lingkungan setinggi 5 meter dan akan berdiri megah di Halaman Kapela Stasi Wailiti.

Pembina OMK Stasi Wailiti Martinus Oki di sela-sela kegiatan pembangunan pohon Natal kepada Ekora NTT, Kamis, (9/12/2021) mengaku ide awal pembangun pohon Natal darinya, lalu mengajak OMK untuk berkreasi.

“Kedepan mereka bisa memanfaatkan botol bekas sebagai bahan yang sangat berharga ketika disulap menjadi hiasan cantik,” ujar putra asal TTU ini.

iklan

Dikatakannya, selama ini botol bekas itu sebagian masyarakat menganggap sebagai limbah saja tapi kalau punya kreasi bisa menyulapnya menjadi hiasan rumah tangga yang indah.

“Dengan hadirnya pohon Natal dari botol bekas mau menunjukkan kepada umat untuk tidak membuang sembarangan botol bekas tapi dapat dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna dan tidak menjadikannya sebagai tumpukan sampah,” kata Tinus.

Tinus juga mengungkapkan salah satu persoalan yang dihadapi adalah sulitnya mengumpulkan botol bekas dalam waktu yang singkat dalam jumlah yang banyak.

“Sulitnya lagi ketika merancang lampunya karena lampu didalam botol yang dililit di botol dan pada ujung lampu dipasang warna merah putih yang menandakan kita adalah warga Katolik dan warga NKRI,” jelas Tinus.

Ketua OMK Stasi Wailiti Maria Bernadeta Atryani (19)  mengungkapkan kegiatan ini sudah dimulai sejak 4 Desember 2021 lalu dengan melibatkan 80 OMK Stasi Wailiti.

Pohon Natal dari botol bekas jugabpernah dibuat tahun 2019 lalu dalam kegiatan perlombaan antar OMK Lingkungan.

“Tahun 2020 kegiatan OMK vakum karena pandemi Covid-19. Dalam menyongsong Natal 2021 OMK Stasi Wailiti kembali bangkit untuk menyemarakkan suasana Natal 2021 dengan bangun pohon Natal,” tambah Maria.

Sebagai Ketua OMK, ia menilai kegiatan yang sedang dilakukan adalah hal positif karena dengan kegiatan seperti ini OMK dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang lingkungan.

“Bagaimana menjaga kelestarian lingkungan dan apa dampak yang terjadi jika tidak memperhatikan yang ada yang tidak lain adalah masalah sampah. Sehingga kami berinisiatif untuk memanfaatkan barang bekas untuk merangkainya menjadi sesuatu yang berguna,” tutupnya.

Yuven Fernandez

TERKINI
BACA JUGA