Bupati Sikka Harapkan ASN Punya Kreativitas dan Inovasi Ekonomis

Maumere, Ekorantt.com – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo atau yang akrab disapa Robi Idong menyerahkan Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 di aula lantai 3 Kantor Bupati, Jumat (1/4/2022).

Disaksikan Ekora NTT, sebanyak 257 orang CPNS hasil seleksi formasi tahun 2019 resmi menerima Surat Keputusan (SK) 100 persen dari Pemerintah Kabupaten Sikka.

Penyerahan SK dilakukan langsung oleh Bupati Sikka Robi Idong yang mana diawali dengan pengambilan sumpah atau janji PNS, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah yang berlangsung di aula lantai 3 Kantor Bupati, Jumat (01/04/2022).

Robi Idong menekankan, selain melayani masyarakat, tugas ASN adalah berjuang untuk bangsa dan negara agar menjadi bangsa dan negara yang kuat, apalagi menghadapi situasi global yang tidak menentu.

“Kita baru mau selesaikan masalah Covid-19, baru divaksinasi, isu dunia mulai ada perang-perangan yang juga berdampak. Inflasi ekonomi kita, yang dipresentasikan bapak Presiden itu ada tapi kecil yakni 2,2,” ungkapnya.

iklan

Lanjut Bupati Robi, sebagai abdi negara harus fokus bekerja untuk membangun bangsa dan negara menjadi bangsa yang sejahtera dan dalam perilaku harus ada pergeseran menjadi masyarakat yang hidup di masa milenial, antara lain menahan diri atau hemat.

“Kepada para ASN ini untuk tidak menggadaikan semua SK-nya ke lembaga-lembaga keuangan seperti bank atau koperasi. Namun, jika mendesak bisa dilakukan paling banyak 50 persen dari penghasilan atau gajinya,” tandasnya.

Robi Idong memberikan arahan dalam cara pandang global dan menyampaikan bahwa tugas penting ASN adalah melayani masyarakat, menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

“Kondisi ini berdampak bagi negara, karena negara kita secara kemandirian ekonomi itu belum. Subtitusi impor masih tinggi, seperti pupuk. Kita tidak akan pernah jual pupuk, itu racikan semua, buatan Amerika (NPK),” jelas Robi Idong.

Lebih lanjut, kata Robi, Indonesia masih punya ketergantungan yang tinggi, oleh karena itu saat ini Jokowi lagi mengupayakan politik ekonomi kita dengan slogan Bangga Buatan Indonesia.

Bangga Buatan Indonesia ini diperkuat agar government spending (Belanja Pemerintah) harus menguntungkan rakyat, bisa menciptakan lapangan pekerjaan, mendorong kreativitas dan inovasi anak bangsa untuk punya produk, agar kita tidak bergantung kepada negara lain,” tandasnya.

Bupati Robi berharap agar ke depan, para ASN yang mendapatkan SK 100% bisa berdikari dan memfasilitasi masyarakat untuk menciptakan kreativitas dan inovasi yang lebih ekonomis.

Di akhir sambutannya, Robi Idong menyampaikan agar masing-masing orang mencoba untuk mengubah cara hidup menjadi masyarakat yang cerdas dan bisa menyesuaikan diri.

“Dan sebagai Pengawai Negeri Sipil harus menyiapkan diri dengan baik untuk membangun Indonesia,” tutupnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA