Pintu Air Dukung Penuh Pengembangan Produk Sektor Riil dan UMKM Anggota

Maumere, Ekorantt.com – KSP Kopdit Pintu Air mendukung penuh produk sektor riil dan UKM anggota dengan menggelar pameran kepada masyarakat luas selama sepekan ke depan

Pameran bertajuk Trade Show Produk Sektor Riil dan UKM Anggota KSP Kopdit Pintu Air itu dibuka secara resmi  di Pintar Asia Beach pada Senin, 16 Mei 2022.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano, GM KSP Kopdit Pintu Air, Gabriel P. Sorowutun, Pengawas dan Manajemen KSP Kopdit Pintu Air, para direktur dan manajer anak perusahaan KSP Kopdit Pintu Air, para komite, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana RAT Tahun Buku 2021, Robertus Belarminus mengatakan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan RAT Tahun Buku 2021.

“RAT tahun ini ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan RAT sebelumnya,” kata Robertus.

iklan

Lebih lanjut, jelas Robertus, perbedaan yang dimaksud adalah sedikit ada kemajuan untuk KSP Kopdit Pintu Air karena sebelumnya RAT berlangsung selama tiga hari tetapi RAT tahun ini selama seminggu lebih.

“Ini menjadi satu hal yang luar biasa dan merupakan satu kebanggaan untuk kita semua karena tahun kemarin kita hanya melakukan acara misa syukur tetapi tahun ini kita awali dengan kegiatan pameran,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan yang akan berlangsung mulai 16-22 Mei 2022 ini untuk mendorong dan memberdayakan anggota dengan cara mempublikasikan hasil usaha-usaha atau UKM anggota KSP Kopdit Pintu Air ke masyarakat.

“Kita perkenalkan bahwa KSP Kopdit Pintu Air punya usaha-usaha sektor riil, “ kata Robertus.

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano mengatakan, KSP Kopdit Pintu Air hingga saat ini telah mengembangkan beberapa usaha-usaha sektor riil, dari pertanian hingga garam konsumsi beryodium.

Ke depan, terang Jano, KSP Kopdit Pintu Air akan mengembangkan usaha di bidang kelautan dan perikanan sesuai arahan Menteri Koperasi, Teten Masduki.

“Sektor kelautan dan perikanan ini ke depan kita akan garap karena ini sangat bagus. Apalagi potensi kelautan dan perikanan di Sikka ini sangat banyak,” ujarnya.

Jano menerangkan, pertumbuhan jumlah anggota KSP Kopdit Pintu Air hingga saat ini mencapai 319.501 anggota yang terdaftar; sedangkan jumlah anggota riil pada posisi April 2021 mencapai 280.000-an.

“Dari tahun 1995 kita mulai jumlah hanya 50 orang. Sekarang pada posisi Desember 2021, jumlah anggota KSP Kopdit Pintu Air riilnya mencapai 272.225 ribu. Itu anggota kita yang riil,” kata Jano.

Jano menjelaskan, selama ini koperasi hanya berkutat pada sektor Usaha Simpan Pinjam sehingga kondisi ini membuat anggota kurang berkembang karena kebanyakan pinjaman konsumtif bukan untuk pengembangan usaha.

Oleh karena itu, kata Jano lagi, sesuai arahan Gubernur NTT, semua koperasi perlu merambah ke sektor riil dan akan dijadikan sebagai komitmen KSP Kopdit Pintu Air mengembangkan sektor riil tersebut.

Jano menambahkan, ke depannya, tempat wisata Pintar Asia Beach akan ditata kembali agar bisa mengundang banyak lagi pengunjung yang datang berkunjung.

“Luas lahan wisata ini sangat besar, enam hektar lebih, maka kita akan kembangkan menjadi sebuah taman mini NTT sehingga kalau tamu dari luar daerah bisa mengenal rumah adatnya masing-masing,” ujarnya.

Adapun pelaku-pelaku mitra bisnis KSP Kopdit Pintu Air yang ikut dalam pameran ini adalah Adira, Raja Jaya Motor, Komunitas Akuinitas Sikka, Coklat Sikka, dan sejumlah produk hasil olahan sektor riil Pintu Air.

 

TERKINI
BACA JUGA