Mahasiswa STPM Santa Ursula Ende Fasilitasi Diskusi Penguatan Kelembagaan Pemerintah Desa Odaute

Mbay, Ekorantt.com – Mahasiswa peserta Abdimas STPM Santa Ursula Ende memfasilitasi kegiatan Diskusi Program Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pemerintah Desa Odaute, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo, Rabu (25/5/2022).

Program ini adalah salah satu program unggulan dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa STPM Santa Ursula Ende dengan mengahdirkan Elias Cima sebagai pemateri.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini yakni Kepala Desa bersama Perangkat Desa, BPD, dan para Ketua RT.

Melalui materi yang dipaparkan, Elias Cima mengawali dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan refleksi secara mendalam.

Dari pertanyaan tersebut, Elias meminta para Aparat Pemerintah Desa Odaute dapat men-sharing pengalaman mereka selama bekerja sebagai Aparat Desa.

iklan

Materi yang dibawakan Elias Cima lebih menekankan soal Revolusi Mental dalam tata kelola Pemerintah Desa.

“Revolusi Mental harus menjadi semangat kerja melalui cara pandang baru, cara berpikir baru dan cara kerja baru,” katanya.

Selain materi Revolusi Mental, Elias juga mendorong Pemerintah Desa Odaute agar secepatnya mengahdirkan BumDes sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraaan masyarakat Odaute.

Hasil dari diskusi termuat juga Rencana Kerja Tindak Lanjut yang menjadi fokus kerja Kepala Desa serta Perangkat Desa Odaute.

Benyamin Roja Sare, mahasiswa STPM Ursula yang menjadi koordinator mengatakan sebagai mahasiswa, dirinya bersama teman-teman juga belajar dari masyarakat.

“Materi yang dibawakan sangat menyentuh hati kami sebagai mahasiswa, apalagi berbicara tentang Revolusi Mental,” katanya.

Benyamin menambahkan, pihaknya memfasilitasi kegiatan tersebut sekaligus belajar bersama pemateri dan juga masyarakat.

Pada akhir kegiatan, Kepala Desa selaku pimpinan wilayah Desa Odaute menyampaikan terima kasih kepada pemateri dan para peserta Abdimas yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

“Perangkat Desa Odaute masih sangat membutuhkan diskusi-diskusi serta pencerahan-pencerahan yang dapat membangun Desa Odaute,” tutupnya.

Kontributor: Lukas Supun Kwuta

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA