Presiden Jokowi Sebut Pancasila Jadi Bintang Penuntun saat Hadapi Ujian

Ende, Ekorantt.com – Presiden Jokowi menegaskan bahwa Pancasila tidak hanya mempersatukan, tetapi telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat, karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” jelas Jokowi saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, NTT, Rabu (1/6/2022).

Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Anak-anak generasi masa depan bangsa dan negara/Tangkap Layar YouTube SP

“Kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan kita,” kata Jokowi.

“Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antarsesama anak bangsa,” sambungnya.

iklan

Saat ini, kata Jokowi, dunia dunia sedang bergejolak, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, dan diikuti oleh krisis energi dan pangan, serta ancaman kemiskinan ekstrem dan kelaparan, dan juga perang di Ukraina.

“Sebagai pemegang mandat Presidensi G20, kita mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong-royong, menciptakan umat manusia yang lebih baik, membangun sistem kesehatan global yang mampu menghadapi krisis di masa depan, dengan tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih damai dan lebih berperikemanusiaan, dan lebih berperikeadilan,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA