Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 13 Penumpang KM Karmila di Perairan TN Komodo

Mbay, Ekorantt.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melalui Pos SAR Manggarai Barat berhasil mengevakuasi 13 penumpang KM Karmila di Perairan Pulau Kambing, Taman Nasional Komodo, Kamis (30/6/2022) Pukul 21.00 WITA.

KM Karmila dikabarkan hilang kendali di perairan itu akibat gelombang tinggi dan angin kencang yang menyebabkan patah kemudi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Lalu Wahyu Efendi dalam keterangan menyatakan kapal barang tersebut mengangkut muatan material dan POB (Person On Board) berjumlah 16 orang, 13 diantaranya ialah penumpang.

Kapal itu bertolak dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Pulau Rinca pada Pukul 16.00 WITA. Saat kembali, di sekitar perairan Pulau Kambing, KM Karmila dihantam gelombang tinggi dan angin yang kuat hingga mengalami trouble engine atau kerusakan pada mesin.

“Proses evakuasi kepada 13 penumpang menuju RIB Pos SAR Manggarai Barat dan Searider Lanal Labuan Bajo, sementara 3 orang ABK masih berada di kapal KM Karmila sambil berupaya melaksanakan perbaikan mesin,” terang Efendi.

iklan

Ia memastikan tiga orang ABK dan KM Karmila dalam keadaan aman dengan posisi lego jangkar di Pulau Kambing.

Sedangkan 13 penumpang telah diselamatkan oleh petugas dan tiba di Pelabuhan Labuan Bajo pada Pukul 21.50 WITA.

Adapun Tim SAR Gabungan yang bergerak dalam operasi itu yakni 4 (empat) orang Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat, 10 orang Lanal Labuan Bajo, 2 (dua) orang Polair Labuan Bajo, dan 2 (dua) orang KP3 Laut Manggarai Barat.

Mereka menggunakan RIB 500 PK Pos SAR Manggarai Barat dan Sea Rider 500 PK Lanal Labuan Bajo dalam operasi evakuasi para penumpang.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA