Cahyani Idong Minta Pelaku UMKM Perluas Jangkauan Konsumen lewat Medsos

Maumere, Ekorantt.com – Ketua Dekranasda Kabupaten Sikka, Cahyani Idong meminta para pelaku UMKM untuk memanfaatkan Medsos demi memperluas jangkauan konsumen. Medsos dinilai mampu memberikan dampak positif bagi pemasaran produk UMKM.

Cahyani menyampaikan hal ini dalam Seminar Digitalisasi Negeri 2022 bagi pelaku UMKM Kabupaten Sikka di Hotel Sylvia Maumere, Selasa, 2 Agustus 2022.

Kegiatan yang merupakan kerja sama BAKTI Kominfo dengan Dekranasda Kabupaten Sikka ini, kata Cahyani, mendorong peningkatan SDM para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial untuk menjual produk-produk mereka.

Cahyani berharap digitalisasi mampu memperluas jangkauan konsumen, mempermudah proses pemasaran, melakukan komunikasi interaktif dengan konsumen, memperoleh umpan baik langsung dari konsumen, meningkatkan engagement, dan memantau kompetitor.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Penyelenggara Seminar Digitalisasi Negeri 2022, Eri Rahmat mengatakan, hal ini merupakan program pemerintah dalam mengatasi kesulitan pelaku UMKM saat pandemi. Banyak pelaku UMKM menjual produk-produk mereka  secara online.

iklan

“Untuk saat ini medium yang digunakan dalam kegiatan seminar ini masih menggunakan satu media sosial yakni instagram. Karena penggunaan instagram di Indonesia saat ini masih cukup tinggi mencapai 61 persen, ” kata Eri.

Eri berharap, ke depannya ada juga pelatihan-pelatihan untuk media sosial lainnya seperti facebook, twiter, tiktok yang sekarang ramai dipakai untuk promosi produk UMKM.

Sementara itu, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo mendorong pelaku UMKM Kabupaten Sikka bisa go digital dan produk-produk mereka dikenal secara luas.

“Pelaku UMKM kita bisa menjual produk-produknya dengan menggunakan platform digital dan mampu bersaing dengan pelaku UMKM di luar Kabupaten Sikka yang sudah go digital,” jelasnya.

Mengingat semakin maraknya penjualan secara online, Bupati Robi meminta pelaku UMKM cakap menggunakan Medsos.

Ia mengatakan, ekonomi digital era 4.0 merupakan momentum bagi pelaku UMKM untuk bisa mengembangkan ketrampilan dan ambil bagian dalam pemasaran melalui platform digital.

“Produk-produk yang menjadi pilihan harus dikemas secara baik mulai dari prosesnya. Kemudian kita menjual melalui platform digital karena dengan menggunakan sistem digital lebih terkontrol mulai dari proses produksinya,” ujarnya.

Bupati Robi pun mengapresiasi tim BAKTI Kominfo karena telah memfasilitasi seminar digitalisasi negeri dalam rangka meningkatkan SDM menuju UMKM Go Digital 2022.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA