930 Produk UMKM Dipajang di Festival Exotic Tenun 2022

Kupang, Ekorantt.com – Sebanyak 930 produk dari 62 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dipajang dalam Festival Exotic Tenun 2022 selama 3 hari, 12-14 Agustus 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja mengatakan, meski bertajuk festival tenun, kali ini pihaknya juga melibatkan pelaku UMKM lain. Ada empat kategori UMKM yakni, tenun, kriya, kuliner, dan kopi.

Menurut Nyoman, Exotic Tenun Fest 2022 bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap produk lokal NTT. Di samping itu, festival tenun menjadi kesempatan pemulihan ekonomi setelah pandemi.

Bank Indonesia Provinsi NTT, kata Nyoman, menargetkan keuntungan 1,6 miliar rupiah dari festival ini atau naik 15 persen dari tahun sebelumnya.

“Capaian festival seperti ini tahun lalu mencapai Rp1,4 miliar. Kegiatan festival tahun 2022 diikuti oleh 62 UMKM dengan total produk 930 produk baik itu kain tenun maupun produk turunan seperti kopi, kuliner dan lain-lain,” jelas Nyoman.

iklan

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti mengatakan kegiatan festival tenun merupakan bentuk dukungan BI terhadap UMKM.

“Kita harus selalu bersinergi. Kegiatan Exotic Tenun Fest merupakan bagian dari bentuk dukungan BI untuk semakin meningkatkan level tenun NTT,” jelas Destry.

Patrik Padeng

TERKINI
BACA JUGA