Mengenang Ide dan Semangat Para Perintis CU Bahtera Sejahtera pada HUT ke-16

Maumere, Ekorantt.com – Mengenang jasa para pendiri atau para perintis KSP Credit Union Bahtera Sejahtera adalah suatu tindakan terhomat dari generasi penerus.

Namun, butuh tindakan nyata untuk mempertahankan tegaknya lembaga yang mengusung visi “Menjadi lembaga pemberdayaan yang kokoh dan terpercaya berbasis komunitas” yang terletak di Maumere, Kabupaten Sikka.

Ketua Pengusus KSP Credit Union Bahtera Sejahtera Fiator Nong mengajak segenap pengurus, pengawas dan manajemen agar senantiasa mengenang ide atau gagasan para perintis yang pada awalnya mendirikan lembaga itu.

Hanya bermodalkan semangat serta kebersamaan visi untuk membangun kebaikan orang banyak melalui lembaga yang koperasi berciri Credit Union.

Hal ini disampaikan Fiator Nong saat perayaan Ekaristi  yang dipimpin RD. Cristo Lodo dalam rangka memperingati HUT KSP Credit Union ke-16 yang berlangsung di aula Kantor Pusat di Jalan Soegio Pranoto, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Maumere, NTT pada Kamis (15/9).

iklan

“Saya mengajak kita untuk kembali mengenang ide atau gagas besar serta semangat para perintis sebagai kilas balik atas perjalanan panjang yang telah kita lalui hingga saat ini, karena tanpa tindakan mereka kita tidak mungkin berdiri  tegak saat ini,” ujar Fiator.

Pada momentum itu, kata Fiator, yang dikenang paling pertama ialah orang yang mendirikan lembaga itu. Untuk itu sudah selayaknya mengenangkan jasa para pendiri dengan tetap bersemangat mengisinya dengan kerja keras dan kerja cerdas mencari serat dan melayani anggota dengan sebaik-baiknya.

Ambil Bagian dalam Rancangan Besar Allah

RD. Cristoforus Lodo dalam kotbahnya menuturkan bahwa hadirnya Credit Union Bahtera Sejahtera menjadi bukti bila semua turut ambil bagian dalam rancangan besar Allah.

“Kehadiran kita harus dimaknai sebagai satu cara kita untuk bagian dalam rencana keselamatan Allah itu sendiri. Lembaga Credit Union adalah salah satu cara kita untuk terlibat dalam rancangan besar Allah,” ujar Pastor Cristo, begitu biasa disapa.

Lebih jauh, Pastor Cristo juga bertanya alasan mengapa hari lahirnya KSP Credit Union Bahtera Sejahtera bertepatan dengan hari yang mana gereja memperingati kedukaan santa perawan Maria”Mater Dolo Rosa”.

Pastor Cristo mengira 16 tahun silam para perintis sangat menderita dan sulit mendirikan lembaga ini. Atau selama 16 tahun lembaga ini sangat-sangat menderita, atau mungkin ke depanya lembaga ini tidak pernah lepas dari penderitaan.

“Tugas utama kita adalah mendorong anggota kita agar dapat mencapai visi bersa kita menjadi lembaga pemberdayaan yang kokoh dan terpercaya berbasis omunitas,” kata dia.

Target Tercapai

Fransiskus Emilius Kurnianto Madha, selaku Manager KSP Credit Union Bahtera Sejahtera ketika dimintai tanggapannya terkait capain target yang diamanatkan oleh rapat anggota tahunan RAT tahun buku 2021 Januari lalu mengatakan secara umum mempelihatkan grafik pertumbuan positif, bahkan ada yang melampaui target.

“Terakhir penambahan jumlah anggota misalnya, ditargetkan dictahun 2022 ini jumlah anggota harus mencapai 5.000 orang. Dan puji Tuhan sampai dengan akhir bulan Agustus ini jumlah anggota telah bertambah menjadi 5.523 orang,” kata Fransiskus.

Sedangkan total asset yang dimiliki Bahtera Sejahtera sebanyak Rp60.706.387.958 dengan kredit beredar sebesar Rp42.583 miliar dan sisa hasil usaha (SHU) tahun berjalan sebesar Rp723.231.018.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA