Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 di Sikka, Pembangunan Mesti Berbasis Data

Maumere, Ekorantt. com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sikka menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022 di Hotel Sylvia Maumere, Selasa, 20 September 2022.

Rapat koordinasi ini mengusung tema “Kolaborasi Merah Putih, Mewujudkan Satu Data Untuk Sikka Bahagia”.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sikka, Kristanto Setyo Utomo mengatakan Rapat Koordinasi Pendataan Awal Regsosek tahun 2022 bertjuan untuk menguatkan koordinasi dan konsolidasi eksternal dan internal dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pendataan Awal Regsosek.

Rakor ini juga menyusun rencana kerja pelaksanaan kegiatan Pendataan Awal Regsosek di Kabupaten Sikka.

Selain itu, disusun pula strategi dan manajemen lapangan pelaksanaan kegiatan Pendataan Awal Regsosek di Kabupaten Sikka dan menyusun Strategi Persiapan Penyelesaian administrasi kegiatan Pendataan Awal Regsosek.

iklan

Sementara Kepala Badan Perencanaaan, Penelitian Dan Pengembangan Kabupaten Sikka, Margaretha Movaldes da Maga Bapa dalam kesempatan itu memberikan penjelasan tentang Penguatan Data Statistik Sektoral Menuju Sikka Satu Data.

Femi Bapa, begitu ia akrab disapa, menjelaskan bahwa sistem perencanaan pembangunan, baik di level nasional maupun level daerah, harus didasarkan pada informasi dan data yang akurat sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

“Jadi segala macam usaha yang dilakukan oleh pemerintah di dalam melakukan pendataan yang baik dan benar, terupdate, dan yang berintegrasi,” ujarnya.

“Transformasi tata kelola pemerintahan daerah yang berkualitas itu dihasilkan ketika kita melaksanakan semua peraturan perundang-udangan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, dibutuhkan data yang berkualitas agar menopang kualitas pembangunan.

“Jadi kami harapkan masyarakat memiliki responden yang baik, aktif melaporkan data diri, memberikan data apa adanya bukan seadanya,” ungkapnya.

Nofia Rosmalinda Ona

TERKINI
BACA JUGA