Penutupan OJT, GM Obor Mas Minta Karyawan Baru Bekerja dengan Hati

Maumere, Ekorantt.com – Sebanyak 30 karyawan baru KSP Kopdit Obor Mas mengikuti On the Job Trainning (OJT) di Aula Puskopdit Swadaya Utama Maumere selama dua minggu, 14 November 2022 hingga 2 Desember 2022.

Kegiatan OJT sesungguhnya merupakan pelatihan dasar bagi setiap staf Kopdit Obor Mas yang akan ditempatkan di berbagai kantor cabang dengan berbagai posisi yang dibutuhkan mulai dari staf pemasaran, administrasi, sopir, hingga security.

Selama dua minggu, para peserta digembleng oleh para fasilitator baik dari Puskopdit Swadaya Utama Maumere, para akademisi dari Unipa Maumere, tokoh agama hingga pihak internal Kopdit Obor Mas.

Acara penutupan OJT berlangsung di aula lantai 2 kantor pusat KSP Kopdit Obor Mas pada Jumat, 2 Desember 2022, ditandai dengan misa syukur yang dipimpin oleh RD. Epy Rimo.

Dalam homilinya Romo Epy meminta peserta OJT untuk memiliki iman yang kuat.

iklan

“Semoga perasaan yang dialami peserta selama ini bakal ditempatkan di mana dan posisi apa hendaknya tidak membuat kalian menjadi galau,” kata Romo Epy.

Sementara itu, General Manajer Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto M. Lering berpesan kepada para peserta OJT agar mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama pelatihan.

“OJT itu sebenarnya kesempatan bagi kalian untuk meningkatkan knowledge dan skill yang nantinya akan kalian implementasikan di lapangan dalam melayani anggota kita. Ingat anggota itu adalah raja, jangan dibuat terbalik karena kita menggunakan dasi,” pesan Fredyanto.

Menurut Fredyanto, karyawan Obor Mas mesti bekerja dengan hati. Sebab, kesuksesan dalam pelayanan kepada anggota diraih bila dikerjakan dengan hati.

Baginya, para fasilitator sifatnya hanya membantu tapi yang akan menentukan keberhasilan adalah para peserta OJT sendiri.

“Jangan lupa bangun relasi atau jejaring kerja kalian di lapangan dan jangan lupa setelah jejaring itu dibangun harus dipelihara jangan dibiarkan sehingga anda tidak bekerja sendirian,” pungkasnya.

Istimewa

Ketua Pengurus Kopdit Obor Mas, Markus Menando menggarisbawahi pentingnya menghargai proses. Diyakini bahwa hasil tidak mungkin mengkhianati proses.

Ia juga meminta peserta OJT untuk menjaga nama baik Kopdit Obor Mas dimanapun mereka berada.

Hal senada diaampaikan oleh Wakil Bupati Sikka yang juga adalah tokoh koperasi nasional, Romanus Woga. Baginya, pekerjaan akan sukses bila seseorang jujur, tulus, syukur, dan sabar.

Kegiatan OJT Gelombang IV Tahun 2022 tersebut ditutup secara resmi oleh ketua Puskopdit Swadaya Utama Maumere, Alexius Bertholomeus dan dilanjutkan dengan ramah tamah sederhana.

TERKINI
BACA JUGA