Wabup Sikka Minta Pengelola Pintu Air Paham Hakikat Koperasi

Maumere, Ekorantt.com – Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga meresmikan Kantor KSP Kopdit Pintu Air Cabang Magepanda di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Sabtu, 3 November 2022.

Pada kesempatan itu, Romanus mengingatkan pengelola dan anggota Kopdit Pintu Air untuk memahami hakikat berkoperasi. Ada tiga unsur di dalamnya yakni man, money, dan development.

Ketiga unsur ini bila dipadukan dalam satu wadah yang baik tentu akan mewujudkan kesejahteraan anggota. Karena itu, man, money, dan development harus berjalan secara seimbang dan saling bersinergi.

Unsur pertama, man, maksudnya orang-orang yang tergabung dalam Kopdit Pintu Air harus berperan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Kedua, money. Kopdit Pintu Air telah mempunyai aset sebanyak Rp1,7 triliun. Aset sebesar itu tentu menjadi bukti kalau Kopdit Pintu Air dipercayai anggota.

iklan

Romanus pun meminta para pengelola agar mengatur keuangan melalui mekanisme manajemen pencatatan yang baik.

“Saya harap semua harus  waspada dengan uang, karena uang dapat mengubah perilaku dan sifat manusia,” ujar Romanus.

Ketiga, development. Kopdit Pintu Air telah memiliki dasar pengembangan yang luas dengan telah dibukanya 59 kantor cabang. Di sisi lain, pengembangan SDM sangat penting.

Romanus berpesan supaya Kopdit Pintu Air mempersiapkan SDM pengelola, baik secara rohani maupun jasmani. 

Ia menyampaikan 10 kunci sukses koperasi kredit, meliputi  SDM pengelola dan anggota yang berkualitas, kepercayaan anggota yang tinggi, hubungan komunikasi antara pengelola dan anggota berjalan harmonis, pelayanan yang berkualitas, mampu menciptakan orang sukses.

Kemudian kepemimpinan yang kompak dan kuat, produk yang bermanfaat bagi anggota, kemudahan dalam pelayanan, kantor pelayanan terletak di tempat yang strategis, dan memiliki teknologi dan media informasi. 

 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA