253 TKI Asal Flotim Hilang Kontak dengan Keluarga

Larantuka, Ekorantt.com – Sebanyak 253 warga Flores Timur (Flotim) yang bekerja di dalam negeri maupun luar negeri hilang kontak dengan keluarganya sepanjang tahun 2020-2021.

Ketua Garda Buruh Migran Indonesia Cabang Flores Timur Benedicta B.C Da Silva menyatakan hal ini kepada media, Selasa (27/12/2022) pagi.

“Itu kami terima laporan selama tahun 2020 hingga 2021. Terakhir dengan kepala desa,” kata Benedicta.

Benedicta menuturkan bahwa ada yang sudah pulang dari jumlah yang disebutkan di atas. Namun, tidak pernah ada data serta informasi selanjutnya dari pihak pemerintah desa.

“Itu yang membuat kami harus tegas dengan semua kepala desa di wilayah Flores Timur. Pertanyaannya, apakah ada data orang yang keluar dari desa dan kembali dari perantauan ke desa?” tanya dia.

iklan

Benedicta menambahkan, selama ini, BMI Flores Timur memantau banyak pekerja migran mengalami sakit yang harus dideportasi dan pulang mandiri.

“Fakta lain membuktikan bahwa semua jenazah yang dipulangkan lebih banyak karena terindikasi TB Pari dan TB Tulang untuk yang bekerja di perkebunan. Banyak juga terindikasi HIV,” kata dia menandaskan.

TERKINI
BACA JUGA