Catat! Anak Usia di Bawah Umur Dilarang Mengendarai Sepeda Motor

Mbay, Ekorantt.com – Kepolisian Resor Nagekeo memberi peringatan kepada para orangtua agar terus memberi pengawasan terhadap anak-anak dalam hal berlalu lintas.

“Pembentukan karakter anak-anak berawal dari keluarga. Orangtua yang pertama mengawasi karena akan berdampak buruk bagi masa depan mereka,” kata Kasat Lantas Polres Nagekeo IPTU Melky Davidson Nemobais, usai acara Jumat Curhat pencegahan kecelakaan lalu lintas yang melibatkam anak di usia di bawah umur di Mapolres Nagekeo, Jumat.

Ia menyatakan kasus kecelakaan lalu lintas di Nagekeo masih didominasi oleh orang muda, baik dari kalangan produktif maupun anak usia di bawah umur.

Kecelakaan anak usia di bawah umur terjadi lantaran adanya pembiaran dari lingkungan keluarga. Orangtua, lanjut Kasat Melky, mesti menjadi sosok untuk melindungi anak, bukan sebaliknya membiarkan kebebasan anak dalam kondisi berbahaya.

Berdasarkan data Lantas Polres Nagekeo, kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah itu selama 2022 berjumlah 47 kasus, 9 (sembilan) diantaranya melibatkan anak usia di bawah umur.

iklan

Sedangkan, hingga minggu kedua Januari 2023 laporan polisi mengenai kecelakaan anak usia di bawah umur berjumlah 3 (tiga) kasus.

Lantas Polres Nagekeo memprediksi akan terjadi peningkatan kasus kecelakaan yang menimpa anak usia di bawah umur selama 2023 bila tidak ada pengawasan dari lingkungan keluarga.

“Maka peran keluarga juga sangat penting untuk mencegah permasalahan ini,” katanya.

IPTU Melky menerangkan anak usia di bawah dilarang mengendarai sepeda motor sesuai ketentuan Pasal 281 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam pasal itu menerangkan setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp1 juta.

“Kan, persyaratan urus SIM itu harus memiliki KTP. Anak usia di bawah umur kan belum punya KTP, artinya mereka belum diperbolehkan membawa kendaraan,” kata Kasat Melky.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA