Puluhan Wartawan Gelar Aksi Demo di Gedung DPRD Sikka

Maumere, Ekorantt.com – Puluhan wartawan dari media cetak dan elektronik yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) melakukan aksi unjuk rasa di kantor DPRD Kabupaten Sikka pada Kamis (09/02/2023).

Aksi ini juga bertepatan dengan Hari Pers 2023. Peringatan Hari Pers mengusung tema ‘Pers Merdeka Demokrasi Bermartabat”.

Dalam unjuk rasa, AWAS memprotes pernyataan salah satu anggota DPRD Sikka dari Fraksi PAN, Philipus Fransiskus SS yang dinilai merendahkan martabat Pers (Media-Wartawan).

Pantauan Ekora NTT, massa aksi bergerak dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua dari Sekretariat Lenterapos pukul 08.00 Wita, menuju Gedung DPRD Kabupaten Sikka.

Massa aksi sempat berorasi di Bundaran Tugu Mof, dan selanjutnya bergerak menuju gedung DPRD Sikka. Di depan Gedung DPRD Sikka, massa aksi melakukan orasi sekitar 1 jam.

iklan

Kemudian pada pukul 09.00 Wita, massa aksi melakukan penyegelan kantor DPRD Sikka. Penyegelan dilakukan karena hingga pukul 09.00 WITA, Wakil Ketua DPRD Sikka, Yosef Karmianto Eri yang datang. Padahal undangan kepada Aliansi wartawan Sikka untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) adalah pukul 09.00 Wita.

Selanjutnya, Yosef Karmianto Eri meminta waktu 30 menit kepada massa aksi untuk menunggu, sembari dirinya menghubungi Philips Fransiskus.

Setelah Koordinator Lapangan (Korlap), Vianey Tinton, yang adalah Pemimpin Redaksi (Pemred) Lenterapos.com berkoordinasi dengan Wakil Ketua DPRD Sikka, Yosef Karmianto Eri dan Gorginius Nago Bapa, massa aksi akhirnya masuk ke dalam Gedung DPRD Sikka untuk berdialog bersama sejumlah anggota DPRD Sikka.

Rapat dipimpin oleh Gorgonius Nago Bapa dan berlangsung sekitar 45 menit. Dalam rapat tersebut, Aliansi Wartawan Sikka juga menyampaikan pernyataan sikap.

Usai Rapat, massa selanjutnya membubarkan diri. Massa aksi berjumlah 33 0rang terdiri dari 30 wartawan dari 26 media yang ada di Kabupaten Sikka., pemerhati media, Rini Kartini yang juga dosen Komunikasi UNIPA. Anggota Persatuan Wartawan Lewotana (Pewarta)-Flotim.

Massa juga membawa satu tempat sampah, ta’i sapi, dan spanduk bertuliskan Aliansi Wartawan Sikka Awasi Philips dan Pers Merdeka Demokrasi Bermartabat.

Diketahui orator dalam aksi adalah, Vicky Da Gomes (Sekretaris AWAS), Mario Sina, dan Wall Abulat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA