Mahasiswi dan Dosen IKIPMu Maumere Pasang Poster Edukasi di Wisata Egon

Maumere, Ekorantt.com – Dua orang mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) IKIP Muhammadyah (IKIPMu) Maumere, Sitti Amina dan Hanisang bersama dosen PBSI bernama Bertholomeus Jawa Bhaga, menjalankan kegiatan pengabdian yakni sosialisasi dan pemasangan poster edukasi di lokasi wisata Egon, Sabtu (11/02/2023).

Kegiatan mereka menyasar pengelola dan pengunjung lokasi wisata Gunung Egon. Kepada Ekora NTT pada Senin (13/02/2023), Bherto menjelaskan kegiatan pengabdian merupakan salah satu dari kegiatan dosen selain mengajar dan meneliti.

“Kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi tentang kebersihan di lokasi wisata dan upaya menjaga hutan agar tetap lestari. Selain itu dilakukan pemasangan beberapa poster edukasi pentingnya menjaga kebersihan dan ajakan serta larangan untuk tidak membakar hutan,” kata Bertho.

Dosen Bertho sedang memberikan sosialisasi kepada pengunjung wisata Egon (Ekora NTT)

Dengan membaca berbagai larangan dan imbauan yang tertulis di poster edukasi tersebut, lanjut Bertho, pengunjung sedikit demi sedikit memiliki kepekaan untuk tidak membuang sampah di sembarangan tempat, terkhusus di lokasi Wisata Egon dan membakarnya.

Dalam kegiatan ini pula, Bertho bilang, ia memnpunyai kesempatan menemui pengunjung yang berasal dari Grup Komuntas Pencinta Alam seperti TAPAS (Tapak Lestari Sikka/ Fikram), Backpacker Jakarta (M. Firdaus dan Riski) serta Komunitas Independen (Fares dan Takdir).

iklan

“Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat terutama pengelola dan pengunjung memiliki pemahaman akan pentingnya menjaga kebersihan di lokasi wisata dan tidak membakar hutan Egon,” harap dosen PBSI ini.

Kelompok pencinta alam, lanjut Bertho, menyambut baik sosialisasi ini karena memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Sosialisasi ini bagi kami pengunjung penting sebagai peringatan agar ketika melakukan pendakian Gunung Egon maupun di tempat lainnya,” ujar Firdaus, salah satu pengunjung saat mewakili teman-temannya.

Sementara pengelola, Saver, mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena selama ini pengunjung memiliki kesadaran dan pemahaman berbeda tentang sampah dan upaya pelestarian hutan.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak dosen dan mahasiswi yang telah memberikan sosialisasi dan pemasangan poster edukasi yang sungguh bermanfaat bagi pengunjung akan kebersihan dan perawatan hutan,” ujar Saver.

Salah satu mahasiswi, Sitti Amina, menilai bahwa kegiatan tersebut menambah wawasan dan kecintaan akan alam lingkungan.

“Selain mencintai lingkungan generasi muda harus menjadi contoh menjaga kebersihan dan merawat hutan. Hutan yang rusak akan menyusahkan anak cucu kelak. Mari kita rawat!” tutupnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA