Dekranasda NTT Gandeng Ivan Gunawan Promosi Tenun

Kupang, Ekorantt.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT menggandeng Fashion Designer Ivan Gunawan mempromosilkan tenun sotis dari Sumba Timur melalui pegelaran garis poetih di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada 15-17 Februari 2023.

Ivan yang dikenal sebagai sosok kreatif, seniman multitalenta, dan desainer papan atas Indonesia ini bekerja sama dengan Dekranasda dengan mengeluarkan koleksi terbaru yang diberi judul Mata Hati.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Eldin Angin mengatakan kerja sama Dekranasda NTT dengan Ivan Gunawan ini dalam rangka mempromosikan kain tenun daerah.

“Dekranasda selama ini sering memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk mengangkat budaya Nusa Tenggara Timur khususnya fashion. Kalau fashion tidak terlepas dari kain tenun,” ujar Eldin.

Dalam even garis poetih, Ivan Gunawan menampilkan tenun ikat sotis; 32 buah gaun perempuan sebanyak 20 dan pakaian laki-laki sebanyak 12.

iklan

Selain gaun, Ivan juga menampilkan topi, sepatu, sandal dan tas.

Eldin menyebutkan seluruh karya yang dibuat dan ditampilkan Ivan Gunawan pada even itu adalah kain tenun milik Dekranasda NTT.

“Semua karya ini akan dijadikan sebagai koleksi milik Dekranasda NTT,” ujarnya.

Ia menambahkan saat ini pihaknya berkomitmen untuk terus gencar melakukan promosi seluruh kain tenun milik NTT ke luar daerah bahkan sampai ke luar negeri.

TERKINI
BACA JUGA