Mensos Risma Salurkan Sejumlah Bantuan untuk Warga Sikka

Maumere, Ekorantt.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja di Wairhubing, Desa Watuliwung, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, NTT, Senin, 27 Februari 2023.

Kedatangan menteri yang akrab disapa Risma ini disambut Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

Hadir pula, anggota DPR RI, Andreas Hugo Parera, Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial, staf khusus Kementerian Sosial (Kemensos).

Dalam kunjungannya, Risma memberikan sejumlah bantuan, diantaranya 25 unit kapal nelayan.

Kapal berukuran panjang 10,5 meter dengan lebar dua meter terbuat dari fiber sehingga lebih ringan, tahan terhadap cuaca, perawatan lebih mudah dan waktu produksi lebih singkat.

iklan

Ada 22 unit kapal sudah memasuki tahap akhir pembuatan dengan penyelesaian sebesar 70 persen, sedangkan 3 unit kapal dalam tahap assembling. Nilai bantuan kapal senilai Rp6,48 miliar.

Risma mengatakan, kapal fiber bermesin 5 gros ton (GT) itu dibuat langsung di Sikka dengan mendatangkan ahli dari luar.

“Kalau di luar mungkin harganya sampai Rp400-an juta. Kita bisa membuat kapal ini di sini, dengan warga di sini. Sehingga ada transfer of knowlegde (pengetahuan) untuk dia bisa membuat kapal sendiri. Kita buat moldingnya di sini,” katanya.

Risma juga memberikan bantuan santunan bagi tiga ahli waris korban banjir di Kecamatan Nita, Tanarawa, dan Waiblama dengan empat korban jiwa. Masing-masing diberikan santunan sebesar Rp15 juta, total bantuan yang diberikan senilai Rp60 juta.

Kemensos juga menyerahkan bantuan penanganan bencana alam berupa bantuan logistik senilai Rp 249,6 juta.

Selain itu bantuan ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial) diserahkan kepada 18 orang, yakni sembilan anak yang memerlukan perlindungan khusus (AMPK), empat penyandang disabilitas, dan lima lansia.

Para penerima bantuan berasal dari Kecamatan Alok, Alok Timur, Nita, dan Magepanda. Total bantuan yang diserahkan senilai Rp126,1 juta.

Sementara itu, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo menyampaikan terima kasih kepada Mensos Risma yang telah mengunjungi wilayahnya.

“Dulu waktu bencana seroja ibu menteri langsung turun datang ke Maumere langsung mengunjungi keluarga korban. Semoga ibu senantiasa selalu dalam lindungi Tuhan. Doa kami masyarakat Sikka selalu untuk Ibu Menteri,” ujarnya.

Bupati Robi juga mengapresiasi bantuan kapal yang diberikan untuk warganya mengingat banyak nelayan di Sikka yang membutuhkan bantuan kapal bermesin.

“Kapal ini dikerjakan sangat cepat, sangat bagus, bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Sikka. Terima kasih Bu Menteri,” ujarnya.

Usai berkunjung ke Maumere, rombongan Menteri Sosial RI ini bertolak melalui jalan darat menuju ke Kabupaten Ende.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA