Resmi! Ini Pembagian Dapil dan Jumlah Kursi DPRD Ende pada Pemilu 2024

Ende, Ekorantt.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende secara resmi mengumumkan daftar pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) serta jumlah alokasi kursi pada masing-masing Dapil Pemilu Legislatif Kabupaten Ende 2024 mendatang.

Pengumuman dan sosialisasi tersebut merujuk Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 249/PL.01.3-SD/05/2023 tanggal 16 Maret 2023 perihal Sosialisasi dan Evaluasi Tahapan Penyusunan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi.

Demikian dijelaskan Ketua KPU Kabupaten Ende, Adolorata Maria Da Lopez Bi di hadapan pimpinan partai politik dan Forkompimda saat memberikan materi pada sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 di Aula Bina Kerahiman Ende.

Diuraikan Adolorata, Untuk Kabupaten Ende terbagi dalam 4 Daerah Pemilihan dengan rincian, daerah pemilihan Ende I terdiri dari empat kecamatan yakni kecamatan Ende Timur, Ende Tengah, Ende Selatan, dan Ende Utara dengan alokasi 9 kursi anggota DPRD.

Untuk Daerah Pemilihan Ende II terdiri dari 4 kecamatan meliputi Kecamatan Maukaro, Nangapanda, Ende, dan Pulau Ende dengan alokasi 6 kursi anggota DPRD, Dapil Ende III terdiri dari 5 kecamatan meliputi Kecamatan Wewaria, Lepembusu Kelisoke, Maurole, Kotabaru dan Detukeli dengan alokasi 6 kursi anggota DPRD.

iklan

Sedangkan Daerah Pemilihan Ende IV terdiri dari delapan kecamatan dengan alokasi 9 kursi terdiri dari Kecamatan Ndona, Ndona Timur, Wolojita, Detusoko, Kelimutu, Wolowaru, Ndori, dan Lio Timur.

“Penetapan jumlah 30 kursi DPRD Kabupaten Ende merujuk pada jumlah penduduk kabupaten saat ini sejumlah 277.589 jiwa. Sedangkan jumlah final pemilih sedang dalam proses finalisasi dan akan diumumkan. petugas pantarli sedang bekerja,” ungkap Adolorata.

TERKINI
BACA JUGA