Kabasarnas Cek Kesiapan Personil dan Alut Jelang KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi melakukan pengecekan kesiapan personil Kantor SAR Maumere dan Pos SAR Manggarai Barat serta peralatan utama (Alut) pada Minggu (7/5/2023).

Kegiatan Kabasarnas itu untuk memastikan pengamanan untuk mendukung terselanggaranya KTT ke-42 ASEAN atau ASEAN Summit di Labuan Bajo pada 9-11 Mei 2023.

“Kepada seluruh personil yang ikut terlibat dalam pelaksanaan KTT ASEAN terkhusus pada satgas pelabuhan dan satgas udara untuk junjung jiwa disiplin serta tingkatkan koordinasi dan sinergitas dalam mengemban tugas tersebut,” kata Alfiandi dalam keterangan, Minggu.

Alfiandi melakukan pengecekan alut di Pos SAR Manggarai Barat, RIB Pos SAR Manggarai Barat, dan KN SAR Puntadewa 250.

“Ada 2 unit RIB Pos SAR Manggarai Barat yang siap ditempatkan di Pelabuhan Marina dan Dermaga Wae Kelambu. Lalu untuk satgas udara Basarnas mengerahkan alut heli dauphin HR 3606 Basarnas yang berada di Helipad Plataran Komodo,” katanya.

iklan

Untuk diketahui, kegiatan berskala Asia Tenggara tersebut mengusung tema ASEAN Matters Epicentrum of Growth. Rangkaian acara KTT ke-42 ASEAN diselenggarakan di Labuan Bajo.

Selanjutnya, KTT ke-43 ASEAN Plus yang akan digelar di Jakarta pada September mendatang.

Selain Indonesia, negara-negara anggota ASEAN adalah Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Laos, dan Timor Leste.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA