Bawaslu Ajak Media di Sikka Perkuat Pengawasan Pemilu 2024

Maumere, Ekorantt.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sikka mengadakan media gathering bersama awak media cetak, online maupun elektronik, yang bertugas di wilayah Kabupaten Sikka.

Media gathering yang berlangsung di Budi Sun Resort pada Sabtu, 19 Mei 2023 ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sikka, Harun Al Rasyid bersama anggota dan seluruh staf Bawaslu Sikka.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sikka, Harun Al Rasyid mengajak awak media untuk memperkuat pengawasan terhadap seluruh pelaksanaan tahapan pemilu 2024.

“Kita mengundang teman-teman media untuk membantu kami mempublikasikan seluruh  pelaksanaan tahapan pemilu yang sedang dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Menurut Harun, media memiliki peranan penting terutama dalam pelaksanaan seluruh tahapan pemilu, khususnya di Kabupaten Sikka, agar bisa berjalan dengan baik.

iklan

“Suksesnya pemilu di Kabupaten Sikka tidak terlepas dari peran-peran media. Tanpa keterlibatan teman-teman media di berbagai pelaksanaan tahapan pemilu, tidak akan tersampaikan secara menyeluruh ke masyarakat,” kata Harun.

Diharapkan media dapat menjadi corong informasi ke masyarakat atau dapat membantu melakukan pengawasan partisipatif, karena kata dia, masyarakat di Sikka juga perlu mengetahui setiap tahapan pemilu yang sedang berjalan.

Ketua Aliansi Wartawan Sikka, (AWAS) Kabupaten Sikka, Vianey Tinton yang juga selaku narasumber pada kegiatan itu memaparkan materi tentang Kode Etik Jurnalistik Dalam Peliputan Tahapan Pemilu 2024.

Menurutnya, sejauh ini media di Kabupaten Sikka sudah menjalankan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024, di mana sejak awal deklarasi hingga proses pendaftaran partai politik di KPU Sikka juga sudah dikover oleh media.

Terkait peran media dalam menjalankan fungsi pengawasan tahapan pemilu 2024, kata Tinton, menjadi tanggung jawab bersama.

“Saya merasakan bahwa memang profesi ini memikul tanggung jawab yang besar di dalam proses demokrasi di mana kita dituntut untuk benar-benar  menjalankan fungsi pengawasan yang maksimal sehingga bisa menghasilkan pemilu yang berkualitas dan bermartabat,” ujarnya.

Ia menyampaikan terima kasih atas undangan Bawaslu Sikka dalam media gathering hari ini, dan sudah melibatkan media dalam pengawasan pelaksanaan tahapan pemilu 2024.

“Semoga silaturahmi terus terjaga. Dan ke depan sinergitas kita terus terbangun,” tutup Tinton.

TERKINI
BACA JUGA