Floratama Academy Dorong Pertumbuhan di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina menjelaskan program Floratama Academy kembali digelar sebagai bentuk inovasi baru yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Program Floratama Academy ini merupakan tahun ketiga, setelah tahun 2021 dan 2022 berhasil mendampingi kurang lebih 228 unit usaha baru di Floratama.

Dari hasil inkubasi tersebut, kata Shana, telah banyak unit usaha Parekraf yang berhasil mendirikan usahanya maupun inovasi produk baru dalam usahanya.

“Kami terus mendorong usaha kecil untuk bisa naik kelas dan bisa bersaing atau tidak kalah saing dengan produk di level nasional. Sesuai dengan cita-cita kita bersama, bagaimana membangun pariwisata Labuan Bajo yang berkualitas dan berkelanjutan, termasuk memastikan bahwa konteks dan konten lokal menjadi kekuatan utama,” jelas Shana.

Shana menambahkan, Floratama Academy 2023 menghadirkan tiga kategori pengembangan usaha, yaitu kategori seed atau usaha baru, kategori growth, dan kategori community based.

iklan

Pelaksanaannya akan dilaksanakan secara bertahap mulai dari Juni hingga Agustus mendatang dengan dua tahapan workshop dan mentoring.

“Saya mengajak semuanya bergabung dalam program Floratama Academy dan berharap tidak hanya sampai di sesi webinar ini, tetapi juga mendaftar di 3 kategori yang sudah disampaikan sebelumnya. Nanti Sobat parekraf tinggal memilih kategori kelas yang dingin diikuti berdasarkan usaha masing-masing,” tambah Shana.

Salah satu narasumber kegiatan Floratama Academy, Elisabet Yani Tararubi dari Dapur Tara Flores mengungkapkan, banyak potensi yang besar dalam bisnis ekonomi kreatif membutuhkan prinsip komitmen, teguh, dan kreativitas.

“Saya berkomitmen untuk mengembangkan potensi dengan menghadirkan Dapur Tara Flores dari pengalaman keluarga saya,” kata Elisabet.

Dapur Tara Flores sendiri hadir menawarkan konsep wisata berbeda. Konsep alam sengaja dipilih untuk menunjukkan bahwa kekuatan utama pariwisata Flores adalah keunikan alamnya yang indah, di mana makanan lokal menjadi pusat untuk mengetahui identitas budaya lokal dan kehidupan masyarakat Flores.

Bukan hanya makan lokal khas Flores, Dapur Tara juga mengembangkan homestay di mana mengangkat kembali Flores living yang dinamakan Rumah Bambu.

Untuk diketahui, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyelenggarakan Program Floratama Academy bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha yang mencakup 13 bidang pariwisata dan 17 bidang ekonomi kreatif di Floratama (Flores, Alor, Lembata dan Bima) yang berbasis people (masyarakat), planet (lingkungan), dan prosperity (kesejahteraan).

Tahapan Pelaksanaan Floratama Academy yang dibuka dengan tahap Pendaftaran Peserta pada 7 Mei 2023 dan telah memasuki tahapan Kick Off Webinar pada 29 Mei 2023 ini selanjutnya akan melaksanakan dua tahapan pendampingan, yaitu tahapan workshop dan mentoring pada masing-masing kategori, yaitu;

Pertama, kategori Seed Group (workshop, 5-8 Juni dan mentoring, 14-28 Juni).

Kedua, Growth Group (workshop, 3 – 7 Juli dan mentoring, 13-27 Juli).

Ketiga, Community Based Group (workshop, 1-4 Agustus dan mentoring, 14-28 Agustus).

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA