Pemuda Aegela-Ndora Antusias Bersihkan Material Longsor

Mbay, Ekorantt.com – Puluhan pemuda Aegela, Desa Bidoa, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo bahu membahu membersihkan material longsor di RT 04, Dusun B, desa setempat, Jumat (9/6/2023).

Longsor terjadi pada Jumat pagi, setelah hujan deras melanda wilayah itu pada pukul 04.00 Wita.

“Yah, kami lakukan secara swadaya dengan peralatan seadanya,” tutur Marden.

Ia menjelaskan aksi para pemuda membersihkan material longsor sebagai antisipasi kedaruratan agar akses jalan bisa berjalan lancar.

Mereka memerioritas kendaraan roda dua dan roda empat. Sedangkan truk besar harus berhenti karena tumpukan material memerlukan peralatan pemerintah.

iklan

“Tumpukan cukup tinggi sehingga perlu membutuhan alat berat,” ujar dia.

Keterlibatan pemuda dalam penanganan longsor akibat bencana alam tersebut dikonsolidasi oleh Kepala Dusun B, As Kasa, dan Ketua RT 04, Adrianus Tage.

Mereka membawa peralatan seadanya seperti skop, pacul, parang dan linggis. 

Kegiatan pemuda setempat didampingi oleh aparat kepolisian dari Polsek Nangaroro yang terus mengendalikan lalu lintas kendaraan.

Dikabarkan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi keadaan cuaca di wilayah Kabupaten Nagekeo pada 9-10 Juni 2023. Wilayah itu diprediksi dilanda hujan disertai petir.

Stasiun Meteorologi Fransiskus Xaverius Seda Sikka telah mengeluarkan peringatan dini mengenai keadaan cuaca di wilayah itu sehari sebelumnya.

Berdasarkan perkiraan BMKG, wilayah Nagekeo akan dilanda hujan dengan intensitas ringan pada pagi.

Sementara hujan disertai petir diperkirakan akan terjadi pada siang dan keadaan berawan akan terjadi pada malam hingga dini hari.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA