Kadin NTT Klaim Sudah Ikut Bantu Pasarkan Produk UMKM hingga Luar Negeri

Kupang, Ekorantt.com – Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur mengklaim sudah ikut memasarkan produk-produk UMKM, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

“Kadin NTT terus mendorong UMKM untuk menghasilkan produk berkualitas, bahkan turut membantu memasarkan produk-produk tersebut, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Ketua Kadin Indonesia Provinsi NTT, Bobby Lianto, sebagaimana dilansir dalam rilis Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Jumat, 29 September 2023.

Bobby mengungkapkan hal itu saat mengunjungi Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake di ruang kerjanya, Jumat siang. 

Menurut dia, salah satu program prioritas Kadin Indonesia Provinsi NTT adalah mendorong pengembangan produk-produk UMKM masyarakat. 

Saat ini produk-produk UMKM tersebut, kata dia, telah laris terjual sampai ke Negara Timor Leste dan Australia. 

iklan

“Ke depan kami berharap dapat semakin melebarkan pasar produk UMKM ke negara lain juga,” jelas Bobby.

Dia mengatakan, salah satu produk UMKM yang saat ini sudah berhasil dipasarkan adalah Coklat Gaura dari perkebunan coklat di Sumba. Produk ini pernah menjadi juara pada ajang Olimpiade Paris Expo di Perancis tahun 2019 lalu. 

Dalam pertemuan tersebut, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L Kalake memberikan apresiasi yang tinggi atas beberapa program kerja yang telah dan sementara dilaksanakan oleh Kadin Provinsi NTT. Itu terutama dalam pengembangan perekonomian masyarakat serta pemberdayaan UMKM masyarakat NTT. 

“Saya imbau untuk tetap berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik sehingga dapat bersama-sama membangun Provinsi NTT, khususnya dalam mendayagunakan kekayaan alam yang ada di Provinsi NTT dan mendatangkan investor, baik dari dalam maupun luar negeri,” ucap Ayodhia. 

Ia juga menyentil beberapa poin penting yang harus diperhatikan secara serius untuk bisa mendatangkan investor ke NTT. 

Itu seperti status tanah atau lahan, sumber energi, infrastruktur, sumber daya manusia, dan juga perizinan. 

Semua hal ini, menurut Ayodhia, saling berhubungan satu sama lain. Sebab itu, harus benar-benar dikoordinasikan dan dimonitoring dengan baik, sehingga tidak menimbulkan kendala atau masalah. 

Ia menambahkan, Provinsi NTT kaya akan keberagaman budaya dan potensi alamnya yang indah.

Berbagai tempat wisata yang sudah terkenal, kata dia, antara lain Komodo di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Dugong di Kabupaten Alor, Ikan Paus di Kabupaten Lembata, Danau Kelimutu di Kabupaten Ende dan masih banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah indah. 

Semuanya potensi itu harus dapat diberdayakan dengan baik oleh Kadin NTT dalam mendatangkan investor luar bagi peningkatan perekonomian masyarakat lokal. 

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA