Ini Pesan Pater Paskalis saat Misa Jumat Pertama Kopdit Pintu Air

Maumere, Ekorantt.com – Pastor Pembina Rohani Kopdit Pintu Air, Pater Paskalis Patut, O.Carm memimpin misa Jumat Pertama di Aula Sumur Yakob Lantai 3 Kantor Pusat Kopdit Pintu Air di Rotat, Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Jumat, 6 Oktober 2023.

Perayaan rutinitas bulanan itu diikuti oleh seluruh manajemen Kopdit Pintu Air Pusat yang berkantor di Rotat.

Ada istilah 3S yang disampaikan Pater Paskalis dalam perayaan keagamaan itu ialah, Speed (Kecepatan), Solid (Kerja sama), dan Success (Sukses).

Ia menuturkan di era pesatnya kemajuan teknologi, kecepatan menjadi salah satu kunci keberhasilan. Kecepatan dalam melayani anggota mutlak diperlukan agar anggota tidak lari ke lembaga keuangan lainnya.

“Kalau kita kalah cepat orang akan lari ke koperasi harian. Cepat bukan berarti semua lurus, kita hati-hati karena ada tikungan dan di tikungan harus belok,” ujar pater Paskalis disambut gelak tawa peserta.

iklan

Selanjutnya soliditas atau kekompakan. Diharapkan semua pekerja harus kompak dalam bekerja guna mengantarkan anggota pada tujuan kesejahteraan. 

“Bila kita dapat membawa anggota sampai pada tujuan, itu berarti kita sukses,” katanya.

Pesan Pater Paskalis tersebut bertujuan untuk mengurai persoalan ekonomi anggota. Karena tujuan berkoperasi adalah untuk membangun ekonomi rumah tangga.

“Ketahanan ekonomi rumah tangga bukan karena banyaknya uang, tetapi  bagaimana kemampuan untuk mengelola uang dari pendapatan yang sedikit. Selain itu, bagaimana kemampuan untuk membangun komunikasi dengan orang lain agar mampu membaca peluang masa depan dengan tetap menjaga kepercayaan yang telah diberikan,” ujarnya. 

Pater Paskalis juga menyinggung soal kemampuan untuk membangun relasi  serta kebutuhan dan masalah rumah tangga dengan tempat kerja. 

Keduanya harus berjalan seimbang dengan tetap menunjukkan yang terbaik dalam bekerja, terbaik dalam komunikasi, kerja sama yang efektif yang terbaik dalam menggunakan waktu dalam disiplin administrasi. 

“Kecelakaan selalu terjadi dalam diri orang yang tidak mampu menguasai diri. Oleh karena itu mari kita mengenali diri dengan baik dalam membangun koperasi ini dan nilai-nilai koperasi yang baik yaitu kejujuran, kedisiplinan, ketekunan, kesederhanaan, kerja keras. Itulah nilai-nilai yang membangun kepercayaan orang kepada Pintu Air,” kata Pater Paskalis.

Untuk diketahui, misa Jumat pertama dalam setiap bulan bukan hanya untuk kepentingan intelektual. Namun, untuk memperkuat spiritual dalam memberi pelayanan kepada anggota.

Misa itu sedianya menjadi rutinitas Kopdit Pintu Air di seluruh kantor cabang agar semua bekerja sungguh-sungguh dari hati.

TERKINI
BACA JUGA