Ayodhia Kalake Ajak TNI Perkuat Kemitraan dengan Pemprov NTT

Kupang, Ekorantt.com– Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake mengajak anggota TNI yang bergabung di keluarga besar Korem 161/Wira Sakti Kupang agar terus memperkokoh semangat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi NTT.

Ayodhia menjelaskan, NTT sebagai beranda terdepan dan terluar NKRI yang berbatasan darat dengan Negara Timor Leste, serta berbatasan laut dengan Negara Australia tentu saja membutuhkan kehadiran dan peran aktif TNI untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

“Saya juga berharap agar berbagai bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan yang merupakan wujud nyata  kemanunggalan TNI bersama rakyat, kiranya dapat terus ditingkatkan,” katanya saat menghadiri perayaan Natal bersama Korem 161/Wira Sakti Kupang pada Rabu, 10 Januari 2024.

Dalam acara yang berlangsung di Aula Sudirman Makorem 161/Wira Sakti itu, Ayodhia menyatakan, kerja kolaborasi merupakan kunci utama dalam mengatasi berbagai persoalan yang masih membelenggu daerah NTT.

iklan

Persoalan tersebut seperti kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, stunting, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan pekerja migran non-prosedural dan berbagai permasalahan lainnya.

Tidak hanya itu, Ayodhia juga mengatakan bahwa saat ini sedang memasuki masa kampanye untuk pemilihan presiden dan legislatif yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang. Lalu, nanti akan diikuti dengan pemilihan kepala daerah serentak.

“Dengan mengedepankan prinsip netralitas, keterlibatan TNI dalam pengamanan pemilu serentak 2024 dilaksanakan dalam bentuk tugas perbantuan kepada Polri,” pungkasnya.

Ia berharap Polri bersama TNI hendaknya dapat membangun kerja sama dan sinergitas untuk mengawal seluruh tahapan pelaksanaan pemilu di Provinsi NTT. Hal ini penting agar pemilu dapat berjalan dengan aman, jujur, adil, dan demokratis.

Diharapkan pula Polri dan TNI dapat memetakan potensi daerah dan situasi rawan serta menyiapkan langkah-langkah strategis, terpadu dan komprehensif untuk mengatasi berbagai gangguan Kamtibmas selama proses pelaksanaan tahapan pemilu serentak 2024.

“Mari kita terus berupaya menebarkan damai sejahtera melalui tugas dan karya pengabdian kita untuk NTT Maju dan Sejahtera,” ajak Ayodhia.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Korem 161/ Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang dalam sambutannya mengatakan, kiranya damai Natal membawa semangat kerja sama dalam sinergitas yang dilandasi kasih tulus dan karya keselamatan dari Allah bagi seluruh umat manusia.

Hal ini sejalan dengan tema perayaan Natal bersama tersebut yakni “Kemuliaan bagi Allah dan Damai sejahtera di Bumi” dan subtema “Melalui Perayaan Natal Kita Mampu Meningkatkan Kualitas Kerja, bersama Pemilik Jalan Kebenaran dan Hidup”.

“Kiranya dapat kita wujudkan dalam tugas kerja kita sehari-hari untuk kepentingan bangsa dan negara. Apresiasi juga kami sampaikan kepada seluruh hadirin dan semua pengisi acara yang luar biasa hari ini. Salam damai Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ucap Febriel.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA