Erupsi Lewotobi Turun ke Level Siaga, Warga Belum Diizinkan Kembali ke Rumah

Larantuka, Ekorantt.com – Status bencana erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, NTT sudah turun dari level IV atau awas ke level III atau siaga.

“Kita bersyukur statusnya awas menurun menjadi siaga, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa turun kembali normal dan bapak ibu sekalian bisa kembali beraktivitas,” ungkap Kepala Badan Nasional Pengelola Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Suharyanto, saat meninjau langsung lokasi pengungsian dan menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki- laki, Selasa, 30 Januari 2024.

Suharyanto mengimbau kepada masyarakat terdampak untuk tetap menjaga disiplin. Tidak boleh ada yang kembali ke rumah dulu dari tempat pengungsian agar tetap aman.

“Jika sudah menurun baru bapak dan ibu masyarakat sekalian bisa kembali beraktivitas,” tandasnya.

iklan

Menurut dia, aktivitas erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki mulai berangsur menurun dari hari ke hari. Berharap bencana erupsi segera selesai sehingga masyarakat terdampak bisa kembali ke rumah dan melaksanakan aktivitas seperti sedia kala.

Diketahui, dalam kunjungannya itu Letjen Suharyanto membawa macam-macam bantuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. Yang masih kurang, kata dia, BNPB akan berusaha untuk melengkapinya.

Di tempat yang sama, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L Kalake mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah pusat melalui Kepala BNPB yang hadir langsung di lokasi bencana.

“Karena bapak presiden menyampaikan salam melalui Kepala BNPB dengan membawa bantuan untuk kebutuhan kita semua, khususnya para pengungsi yang ada di sini dan beliau menjamin kalau ada yang kurang silakan untuk disampaikan lagi,” kata Ayodhia.

Menurut dia, pemerintah siap membantu korban erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, asal saja warga tetap disiplin.

Walaupun status erupsi sudah turun tetapi ia meminta untuk tetap disiplin dan waspada. Tidak boleh kembali ke rumah sampai statusnya kembali normal.

Ayodhia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan selama kondisi pasca-erupsi.

“Saling memperhatikan di tempat pengungsian dan kita berdoa semoga semua kondisi ini cepat berlalu, cepat kembali seperti sedia kala, agar kita dapat kembali beraktivitas normal lagi dan Tuhan memberkati kita semua,” imbau dia.

Salah satu warga di pengungsian terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Oce Witin, juga menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas bantuan dari pemerintah pusat melalui BNPB. Kemudian kepada seluruh instansi pemerintah yang telah memberikan perhatian melalui bantuan-bantuan selama ini.

“Tentunya limpah terima kasih kepada Tuhan, karena melalui tangan-tangan Tuhan yang baik, yakni melalui bapak-bapak sekalian yang boleh datang melihat kami secara langsung dan memberikan bantuan kepada kami, harapan kami kiranya erupsi dapat berlalu dan kami semua dapat kembali ke rumah dan melakukan aktivitas kami semua seperti biasa,” harap Oce.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA