(Hoaks) Reaksi Prabowo Subianto saat Diteriaki “Anies Presiden” di Banten

Ruteng, Ekorantt.com – Sebuah video yang memperlihatkan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto sedang berada di atas panggung kembali viral di media sosial.

Dalam video yang dikirim pemilik akun TikTok @muallimcoker itu, tampak Prabowo Subianto mengenakan kemeja lengan pendek berwarna biru muda sedang berada di podium bertuliskan ‘Relawan Nderek Guru’.

Terdengar dalam video pendek itu, seorang laki-laki berteriak dengan suara lantang “siapa presidennya?”

Sontak warga menyahut  “Anies”  dengan teriakan penuh bising.

Reaksi Prabowo Subianto tampak terdiam, sembari melihat ke beberapa sisi podium setelah mendengar teriakan warga.

iklan

Dalam keterangan unggahannya, pemilik akun TikTok @muallimcoker menulis “Reaksi Prabowo saat pendukung bilang Anis Presiden”.

Terpantau pada Senin, 5 Februari 2024 sore, video tersebut mendapatkan 1817 suka, 526 komentar, 175 favorit, dan 132 kali dibagikan. [Klik di sini videonya]

Tangkapan layar unggahan video pemilik akun TikTok @muallimcoker

Ekora NTT kemudian menelusuri fakta video yang sedang viral tersebut. Berbekal tangkapan layar video yang kemudian ditelusuri lewat Google Reverse Image, diketahui bahwa foto Prabowo Subianto tersebut saat pidato di hadapan relawan Ndaru di Stadion Serang, Banten pada 27 Januari 2024 lalu.

Selanjutnya, berdasarkan penelusuran lewat akun YouTube ‘Tribun Jateng’ berjudul ‘LIVE Prabowo Bersama Habib Lutfi Kampanye di Banten, Hadiri Ndaru Bersalawat Bersama Ulama’ tidak ditemukan teriakan “Anies Presiden” saat Prabowo Subianto berpidato di atas panggung.

Dapat disimpulkan bahwa kiriman pemilik akun TikTok @muallimcoker soal teriakan “Anis Presiden” saat Prabowo Subianto berpidato di atas panggung adalah hoaks. Diduga kuat video tersebut diedit untuk kepentingan tertentu.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA