Pejabat di Sumba Barat Tanda Tangan Pakta Integritas Dukung Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Waikabubak, Ekorantt.com – Sejumlah pejabat pimpinan perangkat daerah di Kabupaten Sumba Barat menandatangani pakta integritas di aula kantor bupati setempat, Jumat, 23 Februari 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumba Barat Yermia Nd. Ndoda menjelaskan, penandatanganan pakta integritas menjadi langkah nyata untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi.

Hal ini juga menjadi simbol komitmen bersama dalam melaksanakan tugas dan kewajiban dengan jujur, sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Penandatanganan pakta integritas menjadi langkah maju yang penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik.

iklan

“Kita telah menyaksikan bersama penandatanganan dokumen perjanjian kinerja dan pakta integritas oleh para pimpinan perangkat daerah/unit kerja,” katanya.

Sekda Yermia juga mengingatkan bahwa penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang tak terpisahkan, seperti dua sisi mata uang yang saling mendukung.

Ia menekankan perlunya perjanjian kinerja sesuai dengan program kerja perangkat daerah dan berimplikasi pada indikator kinerja utama, sehingga dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pelayanan publik di Kabupaten Sumba Barat.

Sekda Yermia pun mengapresiasi terlaksananya penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas.

“Ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan manajemen dan kinerja Pemerintah Daerah di Kabupaten Sumba Barat pada tahun 2024,” ujar Sekda Yermia.

Dikatakan, penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas selaras dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Dengan penandatanganan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat memperkuat komitmen untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berintegritas

“Semua pihak diharapkan dapat menjadi teladan bagi seluruh aparatur di lingkup Pemerintah Daerah, mewujudkan Sumba Barat yang maju, berdaya saing, dan berkeadilan,” ujar Sekda Yermia.

TERKINI
BACA JUGA