Pemilihan Legislatif 2024, PSI Raih Suara Terbanyak di Ende

Ende, Ekorantt.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meraih suara terbanyak dalam pemilihan legislatif 2024 di Kabupaten Ende. Partai yang dipimpin Kaesang Pangarep itu meraup 19.627 suara.

Disusul PDI Perjuangan di urutan kedua dengan raihan 17.458 suara dan Partai Nasdem di urutan ketiga dengan 17.047 suara.

Hal ini mengacu pada data rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kabupaten Ende selama tujuh hari, 27 Februari-4 Maret 2024 di Aula Hotel Flores Mandiri Ende.

PSI memperoleh empat kursi dari empat daerah pemilihan yang ada di Ende. Ada penambahan satu kursi dari pemilu sebelumnya yang hanya meraih tiga kursi.

iklan

Kursi terbanyak diraih PDI Perjuangan. Partai besutan Megawati Soekarno Putri ini meraih lima kursi, bertambah satu kursi dalam pemilu lima tahun lalu.

Hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten, PDI Perjuangan memperoleh dua kursi di dapil empat yang meliputi wilayah Kecamatan Ndona, Detusoko, Wolowaru, Ndori, dan Lio Timur.

Sementara Partai Nasdem memperoleh empat kursi, sama seperti pemilu kali lalu.

Meskipun meraih suara terbanyak, PSI hanya bisa menduduki kursi wakil ketua DPRD Ende bersama Partai Nasdem. PDI Perjuangan dipastikan menduduki kursi ketua DPRD Ende dengan perolehan lima kursi.

30 Anggota DPRD Terpilih

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, ada 30 calon anggota DPRD Kabupaten Ende yang terpilih menjadi anggota DPRD Ende periode 2024-2029.

Para caleg yang terpilih sebanyak itu berasal dari sejumlah partai politik yang ada di Kabupaten Ende. 

Dapil satu mendapatkan jatah sembilan kursi. Mereka di antaranya Agustinus Wadhi (PSI), Yohanes Marianus Kota (Nasdem), Hironimus Irwan Pelo (Hanura), Sabri Indradewa (PDI-P), Mohammad Orba Kamu Imma (Gerindra), Chairul Anwar (PKS), Mikhael Tani Badeoda (Demokrat), Fadli Delly (PAN), dan Maria Margaretha Sigasare (Golkar). 

Di dapil dua, ada enam anggota DPRD Ende terpilih yakni Syaiful Rahmat Soy (PKB), Anselmus Kaise (PSI), Charlos Ronaldo Christofer Sara (Golkar), Yanus Waro (Nasdem), Selviah Daifurah Indradewa (PDIP), dan Stefanus Bidi (Hanura). 

Kemudian di dapil Ende tiga diisi enam kursi yakni Arminus Wuni Wasa (Nasdem), Siprianus Doi (Golkar), Isak Moses Paso Pande (PSI), Virgilius Kami (Demokrat), Nikolaus Bhuka (PKB), dan Vinsensius Sangu (PDIP). 

Selanjutnya di dapil empat, diisi oleh politisi senior PDIP Fransiskus Taso, Syukri Abdulah (PSI), Tibartius Didimus Toki (Hanura), Marianus Tata (Golkar), Mahmud (Demokrat), Abdul Kadir Hasan Mosa Basa (PKB), Yosefat Yosef Lima (Gerindra), Yohanes Kaki (Nasdem), dan Ferdinandus Watu (PDIP).

TERKINI
BACA JUGA