Penjabat Gubernur NTT Sambut Baik Pembangunan PLTS di Desa Lenang Selatan

Tambolaka, Ekorantt.com Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake meninjau lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Lenang Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah,  Selasa,  5 Maret 2024.

Ayodhia menyambut baik proyek PLTS ini. Dia berharap dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat setempat.

“Proyek ini tidak hanya memberikan pemenuhan kebutuhan listrik bagi masyarakat Kabupaten Sumba Tengah, tetapi juga dapat menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat,” katanya.

Dengan adanya lapangan kerja maka tentu saja dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Sumba Tengah.

“Untuk itu mari kita dukung pembangunan ini agar segera direalisasikan,” ajak Ayodhia.

iklan

Senada, Penjabat Bupati Sumba Tengah Jusuf Lerry Rupidara menyampaikan apresiasi dan siap mendukung proyek pembangunan PLTS.

Pada intinya, lanjut Jusuf, seluruh masyarakat dan Pemerintah Daerah Sumba Tengah siap mendukung pembangunan PLTS.  Sebab hal  ini akan memberikan hasil dan dampak yang baik bagi masyarakat Sumba Tengah.

“Bukan hanya pemenuhan kebutuhan listrik saja tetapi juga dapat memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat Sumba Tengah,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama Puri Prakarsa Surya Gen, Nasri Sebayang menjelaskan, proyek PLTS ini sudah dimulai sejak tahun 2021.

“Kami sudah mensurvei seluruh Pulau Sumba dan Sumba Tengah yang memiliki radiasi matahari yang sangat baik sehingga lokasi pembangunan PLTS direncanakan dibangun di Kabupaten Sumba Tengah,” kata Nasri.

Ia pun bersyukur karena masyarakat dan pemerintah daerah setempat mendukung perencanaan proses pembangunan PLTS.

Nasri menyebut proses pembangunan konstruksi akan membutuhkan 6.000 tenaga kerja yang akan direkrut secara bertahap. Ia memprioritaskan untuk merekrut dari tenaga kerja lokal dalam proses pembangunan PLTS.

Diketahui, pembangunan PLTS ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menyediakan energi bersih yang rendah karbon dan ramah lingkungan bagi masyarakat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA