Tanam Pohon di Gelora Samador, Pemkab Sikka Inginkan Kota yang Hijau dan Bersih

Ia meminta untuk tidak bosan membangun kesadaran lingkungan. Harus menjadi teladan dan contoh bagi yang lain.

Maumere, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka menanam puluhan pohon tanjung di Gelora Samador Maumere, Jumat, 21 Juni 2024.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka, Akulinus menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran warga masyarakat agar semakin bertanggung jawab dan mencintai lingkungan.

“Kita berharap Kota Maumere ke depan menjadi kota yang bersih dan hijau. Untuk itu sangat dibutuhkan peran serta dari semua pihak,” harapnya.

Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera atau Alfin Parera mengatakan, lingkungan hidup telah menjadi isu global, nasional, regional, dan lokal.

iklan

“Tuntutan akan kualitas lingkungan hidup menjadi tuntutan secara global. Namun kita masih dihadapkan pada persoalan besar yakni ada ketidakpedulian yang ikhlas,” ujarnya.

“Ada ketidakpedulian yang ikhlas itu artinya orang tahu tapi dia tidak mau. Oleh karena itu warga masyarakat seperti ini harus diberi motivasi dan dorongan.”

“Dia tahu dia buang sampah di mana, tempat yang mana dan dampaknya tapi dia tidak mau tahu. Salah satunya kita terus memberikan motivasi dan dorongan. Harapan kota ini semakin hari semakin baik, ada harapan yang tidak terbatas,” tandas Alfin.

Tanam Pohon di Gelora Samador, Pemkab Sikka Inginkan Kota yang Hijau dan Bersih1
Para pegawai lingkup Pemkab Sikka saat hendak menanam pohon di halaman depan Gelora Samador Maumere, Jumat, 21 Juni 2024 (Foto: Petrus Popi/ Ekora NTT)

Alfin berharap kepada pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Sikka, pihak Keuskupan Maumere, masyarakat, dan pelajar agar peduli terhadap lingkungan.

Ia meminta untuk tidak bosan membangun kesadaran lingkungan. Harus menjadi teladan dan contoh bagi yang lain.

“Semangat ini tetap kita jaga, bangun solidaritas. Lakukan hal yang kecil tidak perlu yang besar. Yang kecil tapi cintanya besar,” pungkas Alfin.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA