Kemenparekraf Bakal Dampingi Desa Tiworiwu di Ngada Setelah Masuk 50 ADWI

Desa Tiworiwu yang secara administratif terletak di Kecamatan Jerebu'u, Kabupaten Ngada ini memiliki destinasi wisata unggulan yakni Kampung Bena.

Bajawa, Ekorantt.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan memberikan pendampingan kepada Desa Tiworiwu setelah masuk dalam nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Desa Tiworiwu yang secara administratif terletak di Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada ini memiliki destinasi wisata unggulan yakni Kampung Bena.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Florida Pardosi saat mengunjungi Kampung Bena, Rabu, 14 Agustus 2024 mengatakan, Desa Tiworiwu masuk dalam 50 desa wisata terbaik setelah mengikuti seleksi dari 6 ribu lebih desa di seluruh Indonesia.

“Yang paling penting pasca penetapan ini harus ada pengembangan ke depan sehingga bisa naik,” ujar Florida.

iklan

Menurutnya, Kemenparekraf akan memberi pendampingan kepada Desa Tiworiwu, mulai dari pendampingan sumber daya manusia hingga peningkatan fasilitas di lokasi destinasi itu.

“Kami juga akan melakukan pendampingan peningkatan sarana dan prasarana,” ujar Florida.

Selain itu, pihak kementerian akan mencari mitra strategis untuk berkolaborasi dalam pengembangan desa wisata di Kampung Bena.

“Kita sedang melakukan komunikasi dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Desa agar 50 desa terbaik mendapat tambahan dana desa,” tutur dia.

Kepala Desa Tiworiwu Serylus Waso menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf atas penetapan desanya masuk dalam 50 desa wisata terbaik.

Menurutnya, prestasi yang raih merupakan hasil kerja sama semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat.

Pemerintah desa, kata dia, akan terus melakukan terobosan sehingga pariwisata di Desa Tiworiwu terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA