NTT Raih Peringkat Pertama Kategori Pelayanan Administrasi Publik

Maumere, Ekorantt.com – Ombudsman telah melakukan survei Indeks Persepsi Maladministrasi (Inperma) pada sejumlah daerah di Indonesia. Survei yang dilakukan pada bulan Agustus 2018 lalu ini menempatkan Propinsi NTT pada peringkat pertama.

Survei ini dilakukan Ombudsman di 10 Propinsi di Indonesia yakni, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, NTT, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Demikian disampaikan Kepala Ombudsman Propinsi NTT, Darius Beda Daton, Jumat (22/3) siang. Darius mengungkapkan, pihaknya melakukan survei di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang adadi Propinsi NTT, Kota Kupang dan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Survei itu, lanjutnya, dilakukan Ombudsman NTT pada RSUD, Puskesmas, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Dinas Pendidikan, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Masing-masing OPD kami ambil 35 responden,” kata Darius.

iklan

Darius menambahkan, survei dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan seputar kemudahan pelayanan, waktu pelayanan, keramahan dan hal-hal lain menyangkut tugas pelayanan di masing-masing OPD tersebut.

“Ternyata dari 10 propinsi yang kami survey, setelah analisis data secara nasional, NTT paling bagus dari semua” imbuh Darius.

NTT di urutan pertama dengan skor Inperma 4,87 dan Jawa Barat menempati urutan kedua dengan skor 4,98. Selain itu, Sumatera Utara mendapat skor 5,28, Riau 5,45, Jambi 5,44, Jakarta 5,11, Banten 5,52, Kalimantan Timur 5,46, Sulawesi Selatan 5,30, dan Sulawesi Utara 5,47.

Dari hasil yang ada itu, Darius meyakini bahwa pelayanan pada OPD-OPD tersebut terbilang baik. Karena itu, ia memberi apresiasi pada tiga pemerintah daerah yang sudah disurvei karena sudah melakukan fungsi pelayanan bagi masyarakat secara baik.

Darius juga mengharapkan agar pelayanan di OPD-OPD yang sudah disurvei bisa dipertahankan bahkan akan lebih bagus kalau ditingkatkan.

Hingga saat ini Ombudsman NTT belum melakukan survei di kabupaten/kota lain di NTT. Diharapkan agar Ombudsman bisa melakukan survei di daerah-daerah tersebut sehingga dapat diketahui sejauh mana indeks pelayanannya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA