BPJS Kesehatan Beri Layanan Khusus Lebaran

Maumere, Ekorantt.com – Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kantor Cabang Maumere akan menyediakan layanan khusus bagi para pemudik Lebaran.

Pemudik tetap dilayani oleh fasilitas kesehatan di mana saja meski tidak terdaftar pada tempat itu. Hal ini untuk menjamin kenyamanan para pemudik selama menghabiskan masa liburan di kampung halamannya.

Pelayanan khusus ini dimulai dari H-7 sampai dengan H+7 dalam masa Lebaran 2019.

Demikian disampaikan Kepala Kantor BPJS Cabang Maumere, Santy Parulian kepada para awak media di aula Kantor BPJS Maumere, Senin (27/5) yang didampingi Kabid SDM, Sakarias Rewa, Kabid Penjaminan Manfaat Rujukan, Handika Ramadhan, dan Kabid Kepesertaan, Ni Komang Sri Nuryani.

Santy menjelaskan, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang sedang mudik tidak perlu ragu dan cemas karena Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimanapun akan tetap menerima pasien BPJS meski peserta tersebut tidak terdaftar di FKTP yang dikunjungi.

iklan

Menurutnya, layanan khusus bisa diakses mulai tanggal 3 hingga 4 dan 7 Juni 2019 yang akan dimulai dari pukul 08.00 sampai jam 12.00.

Meski sudah ada jadwal itu, lanjutnya, untuk Cabang Flores Timur dan Lembata , petugas BPJS akan tetap menjalankan piket dua orang setiap hari. Nama dan nomor kontak akan ditempelkan di kantor cabang Flores Timur dan Lembata sehingga apabila ada yang membutuhkan akan tetap terlayani.

“Rata-rata di sana pengunjung yang datang tidak lebih dari 30 orang. Sehingga akan dibagi sift pelayanan setiap hari,”jelas Santy.

Selain di kantor cabang, layanan khusus ini juga akan dilakukan di rumah sakit melalui Petugas Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit yang akan melayani pendaftaran bayi baru lahir bagi peserta segmen mandiri, denda layanan, dan penanganan pengaduan di rumah sakit baik yang terkait dengan pelayanan rumah sakit maupun yang perlu ditangani oleh BPJS.

Santy menegaskan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepersertaannya aktif. Hal ini untuk mendorong peserta JKN-KIS selalu disiplin dalam membayar iuran.

Khusus bagi peserta yang sedang mudik diharapkan selalu membawa kartu JKN-KIS.

“Bagi peserta yang masih merasa kesulitan dapat juga menghubungi BPJS melalui line telpon. 1500-400,” imbuhnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA