Air Terjun Riam Merasap di Ujung Borneo

Terbungkus oleh ribuan pohon serta hutan-hutan yang hijau nan segar, lokasi wisata  Riam Merasap berdiri dengan gagahnya.

Nama Riam Merasap sendiri mungkin kedengaran aneh bagi telinga orang asing. Terutama kamu yang belum pernah pergi ke tempat ini.

Riam Merasap  merupakan wisata air terjun yang berada di Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Sejauh amatan saya, banyak wisatawan yang jika pergi ke Aruk tidak menjamah air terjun ini. Ini tentu wajar, sebab air terjun Riam Merasap sejatinya memang belum cukup terkenal bagi masyarakat umum, kecuali orang-orang yang suka travelling ataupun adventure. Lokasinya jauh dari perkotaan dan berada di lembah bukit.

Untuk menghampiri air terjun Riam Merasap, kita bisa memanfaatkan moda transportasi konvensional, seperti sepeda motor dan mobil. Asal jangan saja menggunakan pesawat, kereta api ataupun kapal air.

iklan

Alasannya, pertama, tidak ada lapangan pesawat untuk landing; kedua, tidak ada stasiun kereta api di Kalimantan Barat; dan ketiga, tidak ada pelabuhan maupun sungai yang luas untuk kapal air di daerah tersebut.

Dengan menggunakan sepeda motor, kalian akan merasakan kenikmatan alam yang tidak ada habisnya. Jika perjalanan ditempuh dari Sambas, kalian akan menikmati jalan yang mirip seperti lintasan balap motor, atau orang sekitar menyebutnya dengan Jalan Sirkuit.

Pemandangan indah yang memanjakan mata akan semakin menunjukkan titik muncratnya apabila kalian melewati Desa Galing.

Pasalnya, di wilayah ini, kalian akan berjumpa dengan bukit-bukit yang luas serentak punya tekstur menarik.

Bukit-bukit yang hijau, awan-awan yang turut serta menghias, serta jalanan yang berliku-liku dan turun naik, ditambah sawit yang tersusun rapi  membuat kalian tidak ingin berkedip mata.

Waktu yang ditempuh kurang lebih delapan jam jika kalian berangkat dari Bandara Pontianak. Sedangkan, dari pasar Sambas hanya butuh waktu kurang lebih dua jam untuk menghampiri wisata air terjun Riam Merasap.

Dan apabila sudah sampai di pintu lokasi wisata Merasap, para wisatawan atau pengunjung harus membayar Rp5 ribu. Setelah itu mobil ataupun motor bisa diparkirkan di kaki bukit.

Selanjutnya, kalian bisa lanjut mendaki bukit. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit, maka kalian sudah sampai di lokasi air terjun Riam Merasap. Selamat datang di Riam Merasap.

Air terjun ini sangat cocok untuk masyarakat yang ingin liburan bersama keluarga, teman dan karib lainnya. Karena pemandangan yang menakjubkan dan memanjakan mata.

Batu-batu yang tersusun di tepian air terjun, air gunung yang bersih, jernih dan segar, serta pemandangan yang asri bakalan membuat kamu hanyut menuju kedamaian.

Air Terjun Riam Merasap juga menjamin kamu tidak akan bertemu dengan yang namanya polusi, suara ketikan keyboard ataupun suara pasar yang begitu riuh.

Apalagi airnya yang jernih dan bersih yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk kebutuhan konsumsi. Kekayaan alam yang berlimpah ini harus kita jaga, kita lestarikan dan jangan sampai tangan-tangan kita semua merusaknya. (Syarifah Sajila Apjan)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA