AMOR Telah Diluncurkan, Inilah Beberapa Kegunaannya

Maumere, Ekorantt.com – KSP Kopdit Obor Mas telah meluncurkan penggunaan  sistem  Eletronik  Data Capture (EDC) atau yang dikenal dengan nama Aplikasi Mobile KSP Kopdit Obor Mas (AMOR) 16 Mei 2019 lalu.

Hal ini merupakan langkah KSP Kopdit Obor Mas untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi

Setelah diluncurkan, AMOR mulai digunakan oleh staf lapangan KSP Kopdit Obor Mas saat berkunjung ke rumah anggota.

Lalu, apa saja kegunaan dari benda atau perangkat bernama AMOR ini?

General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Fredyanto Moat Lering menjelaskan, untuk tahap pertama AMOR memiliki beberapa manfaat atau kegunaan.

iklan

Pertama, melayani setoran angsuran pinjaman maupun simpanan, baik dari anggota maupun calon anggota seperti para pelajar yang menabung di tabungan pelajar.

“Anggota bisa setor angsuran pinjamannya dan juga simpanan baik simpanan saham dan simpanan non saham. Kecuali, simpanan pokok karena dia belum punya nomor anggota,” kata Fredyanto.

“Karena itu, ia harus ke kantor. Daftarkan diri jadi anggota dan dapat nomor anggota, baru bisa mendapatkan pelayanan dengan aplikasi AMOR,” tambah Fredyanto.

Fredyanto pun mengimbau anggota agar tidak perlu ragu. Uang pasti akan masuk ke kantor karena data langsung terekam di server Obor Mas.

“Hal ini memudahkan anggota. Anggota tidak perlu datang ke kantor. Tinggal tunggu di rumah, staf Loan Officier kita akan datang dan melayani,” tandasnya.

Kedua, mengecek saldo simpanan (simpanan saham maupun non saham) dan pinjaman anggota.

“Misalnya para guru, mereka bisa cek angsuran pinjaman lewat AMOR” jelas Fredyanto.

Fredyanto menambahkan, kedepan perangkat AMOR dikembangkan untuk pelayanan keuangan lainnya seperti penarikan uang anggota.

Anggota bisa melakukan penarikan uang melalui AMOR tanpa harus ke kantor Obor Mas.

“Misalnya anggota yang memiliki ATM bisa gesek di benda ini untuk mengambil uang. Petugas lapangan bisa melayaninya. Rencananya tahun ini bisa dilaunching  juga,” kata Fredyanto.

Selain itu, perangkat AMOR  juga akan dikembangkan untuk menjadi sarana transaksi jual beli pada saat anggota membeli barang di pusat perbelanjaan seperti toko dan swalayan.

“AMOR akan ditaruh di toko-toko. Untuk anggota yang mau berbelanja, cukup bawa ATM saja, gesek dan uang untuk bayar barang diambil. Ini beberapa tambahan pelayanannya dan itu kita targetkan juga tahun ini bisa dilaunching. Tim kita di Inkopdit sementara mengerjakannya,” jelas Fredyanto.

Hal menarik yang sedang direncanakan juga oleh manajemen Obor Mas, kata Fredyanto adalah ATM bersama. Menurutnya, ini adalah pekerjaan rumah yang sementara digodok sehingga ATM Obor Mas bisa masuk dalam ATM bersama bank-bank.

Sejauh ini, perjuangan terus dilakukan dengan melakukan pembicaraan dengan berbagai pihak.

TERKINI
BACA JUGA