BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi di NTT

Kupang, Ekorantt.com – Dalam surat Nomor ME.301/005/KTUG/VII/ 2019 yang diterima Redaksi EKORA NTT, Rabu (18/7), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kupang mengumumkan peringatan dini gelombang tinggi pada beberapa wilayah yang berpotensi terjadi di wilayah perairan NTT pada tanggal 18 Juli 2019 pukul 08.00 WITA hingga 21 Juli 2019 pukul 08.00 WITA.

Dalam pengumuman yang ditandatangani oleh Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Ota Welly Jenni Thalo, ST dan Prakirawan Dini Afiaty Pertiwi tersebut, BMKG menyebutkan, terdapat Tropical Strom “DANAS” 992 hPa di perairan utara Filipina.

Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 4 – 30 knot, sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 4 – 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Utara Saba ng, Perairan Sabang – Banda Aceh, Perairan Bengkulu – Pulau Enggano, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, dan Laut Jawa Bagian Timur.

Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

iklan

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di 1.25 -2.5 meter di Perairan Utara Flores, Selat Sape Bagian Selatan, Selat Sumba Bagian Barat, Selat Ombai, Selat Alor.

Potensi gelombang tinggi juga berpeluang terjadi di 3.0 meter di Perairan Selatan Kupang-Pulau Rote, Laut Timor Selatan NTT, Perairan Selatan Pulau Sawu – Pulau Rote.

Potensi gelombang tinggi lainnya berpeluang terjadi di 3.5 meter di Selat Sumba, Laut Sawu, Perairan Selatan Pulau Sumba, dan Samudera Hindia Selatan NTT.

BMKG mengharapkan masyarakat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran dengan standar kecepatan sebagai berikut.

Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

BMKG memohon masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA