Ratusan mosalaki (tua adat) se-Kabupaten Ende berkunjung ke makam Bupati Ende, Almarhum Ir. Marselinus Y.W Petu di Tempat Pemakaman Umum Onekore, Selasa (13/08/2019)

Ende, Ekorantt.com – Isak Tangis mewarnai kunjungan ratusan mosalaki (tua adat) se-Kabupaten Ende ke makam Bupati Ende, Almarhum Ir. Marselinus Y.W Petu di Tempat Pemakaman Umum Onekore, Selasa (13/08/2019) .

Kunjungan ke makam Bupati Ende tersebut masuk dalam rangkaian acara Rapat Koordinasi Tiga Batu Tungku yang melibatkan 356 mosalaki, tokoh agama dan unsur Pemerintah Kabupaten Ende yang bertempat di  Museum Tenun Ikat, 12-13 Agustus 2019.

Mosalaki Wologai Tengah, Leonardus Wara tak mampu menahan air matanya saat mendaraskan Sua (sapaan adat). Ia menyampaikan penghormatan dan rasa duka yang mendalam atas kematian Bupati Ende dua periode tersebut.

“Kami serahkan pada Tuhan, semoga jasa dan pengabdian Ame ( bapa ) Marsel Petu menuntun jalannya menuju Surga,” kata Wara.

Menurutnya, Marsel Petu adalah penggagas kegiatan Rapat Koordinasi Tiga Batu Tungku dan hingga kini kegiatan ini terus dilakukan sebagai bentuk soliditas dalam membangun Kabupaten Ende.

Terpisah mosalaki suku Numba dari kecamatan Nangapanda, Frans Rema mengatakan, ziarah ke makam Bupati Marsel Petu menjadi bagian penghormatan terhadap jasa dan ide gagasan Bupati Ende merangkul adat dan Agama dalam membangun daerah.

“Sudah 6 tahun kami sebagai mosalaki dilibatkan untuk berdiskusi dan ikut berkontribusi secara pikiran untuk membangun daerah,” ungkapnya.

Amatan Ekora NTT, ziarah ke makam bupati Marsel Petu dipimpin oleh kadis PMD Ende, Albert Yani dan staf Humas Pemda Ende.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here