Sepakati Ranperda tentang Bantuan Dana Pendidikan, DPRD Sikka Diapresiasi Bupati Robby

Maumere, Ekorantt.com – Bupati Sikka Fransiskus Robertus Diogo Idong menyampaikan apresiasi kepada 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sikka yang telah menyepakati Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Bantuan Dana Pendidikan. Sebelumnya, para anggota dewan sempat menolak Ranperda itu.

“Kita semua patut mengucapkan limpah terima kasih kepada segenap bapak ibu pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sikka yang telah menerima Ranperda pendidikan tersebut untuk dibahas dan disempurnakan. Kita percaya, para wakil rakyat kita menaruh kepedulian luar biasa bagi pendidikan tinggi anak-anak dari keluarga miskin. Sehingga semua keluarga miskin bisa menyekolahkan anak-anak setinggi-tingginya. Saya mohon kita mengapresiasi bapak ibu wakil rakyat kita ini,” ungkap Bupati Robby dalam amanat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Lapangan Umum Kota Baru Maumere, Flores, Sabtu (17/8).

Bupati Sikka ini mengatakan, setelah pelantikan, dia dan Romanus Woga sudah menuangkan visi, misi, dan program pembangunan ke dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023.

RPJMD itu telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Sikka pada awal tahun 2019.

Bupati Robby menambahkan, berdasarkan dokumen RPJMD, berbagai Ranperda sebagai landasan hukum operasional untuk merealisasikan visi, misi, dan program-program tersebut sudah diturunkan.

iklan

“Beberapa Ranperda sekarang sedang dibahas oleh DPRD Kabupaten Sikka. Salah satunya adalah Ranperda tentang Pendidikan yang di dalamnya memuat tentang pemberian hibah atau beasiswa kepada para mahasiswa dari keluarga miskin,” kata Bupati Robby.

Robby Idong menyampaikan, salah satu prinsip tata kelola pemerintahan adalah berkelanjutan. Oleh karena itu, sambil menyiapkan berbagai dokumen dan peraturan yang diwajibkan undang-undang, pemerintah tetap melaksanakan program-program yang telah ditetapkan dalam APBD 2018 dan APBD 2019.

“Kita patut berbangga karena LKPD Kabupaten Sikka Tahun Anggaran 2018 mendapat penilaian tiga kali berturut-turut BPK RI dengan predikat terbaik, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ungkapnya. 

Sementara itu, dalam bidang hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Kabupaten Sikka sudah empat kali meraih penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yang diumumkan pada bulan September 2018 lalu.

“Untuk itu, saya mohon kepada kita semua memberikan aplaus untuk Bapak Drs. Yoseph Ansar Rera dan Bapak Paulus Nong Susar bersama dengan segenap pemerintah dan anggota DPRD Kabupaten Sikka. Sebagai penerus, tahun depan kita akan mempertahankan prestasi itu,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Robi Idong juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian para anggota DPRD Kabupaten Sikka periode 2014-2019 yang sebentar lagi akan mengakhiri masa baktinya sebagai wakil rakyat.

TERKINI
BACA JUGA