Seorang wisatawan asal Singapura menikmati keindahan Danau Kelimutu-Ende

Ende,  Ekorantt.com – Taman Nasional Kelimutu yang merupakan destinasi pariwisata alam di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Tahun ini, Taman Nasional Danau Triwarna Kelimutu dinobatkan sebagai pemenang Gold Winner pada Planet Tourism Indonesia Awards 2019 dalam kategori NATURE.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Ketua Asosiasi Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) kepada Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Agussetia Sitepu di Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (05/09/2019).

Acara ini merupakan kolaborasi antara MarkPlus Center for Tourism and Hospitality dan Asosiasi Industri Pariwisata Indonesia yang melakukan penilaian atas beberapa subyek pelaku wisata pada beberapa kategori.

Kategori  NATURE dimenangkan Taman Nasional Kelimutu mengingat kontribusi Taman Nasional Kelimutu kepada industri pariwisata Indonesia tidak hanya berdampak ekonomi tetapi juga berkomitmen dalam memberdayakan masyarakat setempat.

Selain itu, kehadiran Taman Nasional Kelimutu ikut melestarikan lingkungan yang mengacu pada Sustainable Development Goals.

Taman Nasional Tanjung Puting  mendapatkan Silver Award kategori yang sama dan penghargaan khusus diberikan kepada Prof. Birute Gladikas yang mendapatkan Activities Award atas pengabdiannya selama hampir 50 tahun dalam pelestarian orang utan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Agussetia Sitepu mengaku senang karena penghargaan yang diraih Taman Nasional Kelimutu. Penghargaan ini merupakan kebanggaan masyarakat NTT pada umumnya, dan masyarakat Kabupaten Ende pada khususnya.

“Saya berterima kasih kepada semua masyarakat dan stakeholder yang telah mendukung Taman Nasional Kelimutu baik dalam pengelolaan di lapangan maupun dukungan di dunia maya,” kata Sitepu.

Menurut Sitepu, penghargaan ini adalah buah dari hasil kerja bersama Taman Nasional Kelimutu, masyarakat dan semua stakeholder terkait. Kerja sama ini harus terus dirawat kedepannya.

Sitepu juga meminta kepada masyarakat untuk terus melakukan promosi.  Dan paling penting, lanjut Sitepu, masyarakat diminta menjaga Taman Nasional Kelimutu sehingga tetap lestari dalam rangka mensejahterakan masyarakat sekitar dan mencerahkan pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here