Suasana pembekalan mahasiswa magang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) St. Paulus Ruteng. (Foto: Selvianus Hadun)

Ruteng, EKORA NTT – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) St. Paulus Ruteng melaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa magang tahap II.

Acara itu dilaksanakan pada Sabtu (21/9/2019) di Aula gedung utama kampus UNIKA St. Paulus Ruteng dan dibuka secara resmi oleh Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Regus memaparkan beberapa hal penting mengenai pelaksanaan magang bagi para mahasiswa. 

Hal-hal penting itu antara lain 1) magang menjadi momentum dan  fase bagi calon-calon guru untuk menaikan level dan kemampuan mereka sebagai calon pendidik, 2) magang menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar menjembatani aspek-aspek teknis dan aspek-aspek humanistik dalam pengelolaan pendidikan/pengajaran. 

 “Magang menjadi fase bagi para mahasiswa untuk bermisi di sekolah-sekolah sambil mengasah kekayaan pribadi mereka sebagai calon pendidik. Peserta magang juga mesti memperhatikan aspek-aspek etika dalam bermagang di sekolah-sekolah” tutur  Dekan FKIP UNIKA St. Paulus itu. 

Dalam kegiatan pembekalan ini, para mahasiswa mendapatkan refleksi dan pengetahuan dari beberapa pemateri yang membahas topik-topik penting berkaitan dengan aktivitas magang.

Mikael Nardi dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa Magang II menuntut peserta magang untuk kreatif, inovatif dan produktif dalam menjalankan tugas sebagai peserta magang.  

Selanjutnya, Drs. Eliterius Sennen, M.Pd., menegaskan, peserta magang perlu dibekali dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS). HOTS bisa menjadi modal dasar atau landasan yang mesti dimiliki peserta magang pada saat praktik di lapangan nanti. 

Kegiatan itu dihadiri oleh 260 peserta magang yang adalah mahasiswa PGSD semester 7 tingkat IV. Para mahasiswa ini akan tersebar di 66 kecamatan di tiga wilayah kabupaten yakni Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat. 

Stefan Divan, M.Pd. Ketua Panitia Magang II mengkonfirmasi bahwa proses magang itu akan berlangsung selama sekitar satu setengah bulan yakni dari 23 September sampai 16 November 2019. 

Turut hadir dalam kegiatan itu beberapa dosen dan narasumber, antara lain Heronimus E.A. Wejang, S.Fil., M.Pd., Alfonsus Sam, M.Pd., Arnoldus Helmon, M.Pd., Fransiskus Laka Lazar, S.Fil.,M.A., Stefanus Divan, M.Pd., Asterius Juano, M.Pd., Yosef Firman Narut, S.Si.,M.Pd. (sebagai moderator), Dewi Rofita, M.Pd., Yohanes Marryonno Jamun, S.T.,MM. Yohanes W. Dasor, S.Fil.,M.Si. dan Zephisius R.E. Ntelok, M.Pd. 

Selvianus Hadun, Kontributor UNIKA St. Paulus

Selvianus Hadun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here