Satgas Pamtas Yonif 132/BS Sektor Barat, Gagalkan Penyelundupan BBM dan Sembako Ilegal

Kefamenanu, Ekorantt.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS Pos Napan Bawah, berhasil menggagalkan penyelundupan 125 liter bahan bakar minyak (BBM) dan Sembako, yang diduga akan diselundupkan ke Timor Leste.

Dansatgas Yonif 132/BS, Mayor Inf. Wisyudha Utama mengungkapkan, penggagalan penyelundupan ini berawal dari informasi masyarakat Desa Napan Bawah, bahwa di daerah tersebut terdapat jalan tikus yang sering digunakan sebagai jalur penyelundupan ke Timor Leste.

Jalur ini biasanya digunakan untuk menghindari jalur Perlintasan Resmi Pos Lintas Batas Negara (PLBN), khususnya di wilayah Desa Napan Bawah, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Sabtu (21/9/2019).

Setelah mendapat informasi tersebut, ungkap Dansatgas Wisyudha, Komandan Pos (Danpos) Letda Inf. Ranto Afrizal Saragih memerintahkan 5 anggotanya, dipimpin oleh Serda Rangga Jauheri, untuk mengecek lokasi jalan tikus tersebut, sesuai laporan dari masyarakat.

Wisyudha menerangkan, sesampainya di lokasi, tim langsung melaksanakan penyisiran di daerah yang dicurigai. Dari hasil penyisiran itu berhasil diamankan 125 liter BBM, yang terdiri dari 80 liter bensin, dan 45 liter minyak tanah serta sembako campuran, berupa 4 karung sayur-sayuran yang dibawa oleh 3 (tiga) orang WNI yang tidak dikenal. Diduga barang-barang tersebut akan diselundupkan ke Timor Leste.

iklan

Pemilik barang ilegal tersebut telah terlebih dahulu melarikan diri sejak mengetahui keberadaan Patroli Pos Napan Bawah. Ia melihat para petugas dari jarak sekitar 500 m dan memutuskan kabur meninggalkan bawaannya di TKP.

Wisyudha mengakui, keberhasilan penggagalan penyelundupan ini tidak lepas dari peran masyarakat yang ada di perbatasan. Relasi yang dekat antara masyarakat dan anggota TNI dari Satgas Pamtas Yonif 132/BS sangat membantu menciptakan kondisi perbatasan yang aman.

“Ini tentunya tidak lepas dari kepercayaan masyarakat perbatasan kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS,” imbuhnya.

Ia berharap agar Satgas Pamtas Yonif 132/BS Sektor Barat, dapat mengemban dan melaksanakan tugas dan menuai hasil yang baik selama melaksanakan tugas di perbatasan Indonesia dan Timor Leste ini.

“Harapan saya anggota dapat menjalankan tugas sebaik mungkin dalam menjaga perbatasan,” ujarnya.

Santos

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA