Demo di Ende Damai, Mahasiswa ‘Diangkut-pulang’ Pakai Mobil Dalmas

Ende, Ekorantt.com – Mahasiswa di Kota Ende, Kabupaten Ende kembali turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi, Sabtu (28/09/2019). Mereka sepakat menolak penetapan UU KPK dan beberapa RUU kontrovesial.

Kali ini puluhan mahasiswa yang merupakan gabungan dari beberapa fakultas di Universitas Flores-Ende menyuarakan tuntutan dengan melakukan long march menyusuri jalan protokol di Kota Ende menuju Gedung DPRD Ende.

Walau tidak menemui satupun anggota DPRD, mereka berhasil masuk  ke halaman kantor DPRD Ende setelah berhasil melakukan negosiasi dengan aparat keamanan dari Polres Ende.

Koordinator aksi, Yakobus yang juga mahasiswa Fakultas Hukum-Uniflor mengatakan, orasi, aksi teatrikal dan tuntutan yang mereka sampaikan akan didengar DPR RI meskipun tak ada wakil rakyat Ende yang mendengar mereka.

Sebagian mahasiswa membawa poster dengan tulisan bernada sarkas yang dialamatkan kepada wakil rakyat di senayan sana.

iklan

“Halo DPR, itu kebijakan politik atau kebajinganan politik?” begitu seruan yang menempel di salah satu poster.

Massa aksi berjanji akan kembali turun ke jalan dan bertemu DPRD Ende pada Senin (30/09/2019).

Yang menarik dalam aksi mahasiswa kali ini, selain berjalan damai ada hal unik ketika massa aksi mau pulang.

Sebagian mahasiswa menyerbu dan menaiki mobil Dalmas milik Polres Ende. Baik polisi maupun mahasiswa saling melempar senyum dan bercengkrama dalam suasana persaudaraan.

Masa aksi pun diantar-pulang menggunakan mobil Dalmas.

“Terima kasih pak polisi, dari kami para mahasiswa,” demikian nyanyian mahasiswa yang terdengar saat mobil Dalmas mengantar mereka pulang.

TERKINI
BACA JUGA